• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kafein Berlebihan, Berefek Negatifkah untuk Tubuh?

Selasa, 04 September 2018 | 06:44 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Kelebihan kafein bisa berefek negatif bagi tubuh. Kenali cara terbaik yang bisa dilakukan jika terlanjur mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak. Kopi jadi minuman wajib banyak orang di pagi hari.

Sumber kafein ini dijadikan minuman andalan buat mata tetap terjaga dan tubuh berenergi. Selain itu, kopi juga memiliki banyak khasiat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Holly Philips, seorang kontributor kesehatan asal Kanada, meminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, diabetes, jantung dan melanoma bahkan risiko kematian.

Dengan segudang manfaat dan rasa yang lezat, banyak orang yang sangat menyukai kopi. Walau begitu, Anda perlu memperhatikan asupan kafein harian Anda. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga tidak baik bagi tubuh. Kenali dulu sinyal yang diberikan tubuh jika asupan kafein terlalu banyak.

Sebenarnya kafein menstimulasi sistem saraf pusat. Hal ini yang membuat Anda merasa lebih terjaga. Berdasarkan keterangan ahli kesehatan, Jennifer Wider saat hal itu sedang terjadi, hormon adrenalin terpacu dan sebabkan detak jantung meningkat lapor Womans Health Mags.

Sehingga jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, Anda akan merasa cemas dan gelisah. Menurut USDA, batas normal konsumsi kopi harian orang dewasa ialah sebesar 400 miligram. Tiap orang punya batas toleransi berbeda terkait asupan kafein harian. 

Jika satu cangkir kopi mengandung 92 miligram bubuk kopi, maka batas normal konsumsi harian tiap orang ialah empat cangkir kopi.Tapi bagaimana kalau Anda sudah mengonsumsi kopi terlalu banyak? Bagaimana cara mengatasinya? Pendiri Bert Warren Nutrition sekaligus penulis buku Living a Real life With Real Food punya jawabannya.

Kafein yang masuk dalam aliran darah menghilang perlahan dalam waktu 9 setengah jam. Selama itu, perbanyaklah meminum air putih. Sebab menghidrasi tubuh bisa melunturkan kafein yang ada secara efisien.  Jika tidak berhasil, lakukan olahraga ringan.

Olahraga ringan dapat menaikkan metabolisme tubuh dengan cepat. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung potasium maupun magnesium. Salah satu makanan yang mengandung potasium dan mudah ditemukan adalah pisang.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com

Topik