Klikbabel.com


Segini Anggaran yang Dihabiskan dari Asian Games 2018

Senin, 03 September 2018 | 07:58 WIB
Penutupan Asian Games 2018. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 telah selesai. Penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia ini cukup menggembirakan, apalagi dengan pencapaian medali emas Indonesia. Asian Games digelar di empat provinsi, yakni Jakarta, Palembang, Jawa Barat dan Banten, dari 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Klik Juga : Pengusaha Tak Terkejut Rupiah Sudah Rp18 Ribu

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games/INASGOC 2018, Erick Thohir mengatakan, secara keseluruhan anggaran untuk menyukseskan Asian Games tersedia Rp8,7 Triliun. Namun, untuk pelaksanaannya, ternyata penggunaan anggarannya lebih sedikit dari yang telah disediakan. Penekanan anggaran mencapai Rp2 triliun lebih. Jadi, secara keseluruhan Asian Games menghabiskan anggaran sebesar Rp5,4 triliun. Adapun pemasukan dari sponsor yang diperoleh INASGOC sekitar Rp800 miliar.

"Untuk penyelenggaraan multi event seperti Asian Games ini, pengeluaran itu lumayan luar biasa dengan melihat skala penyelenggaraan yang demikian hebat dan diapresiasi pihak asing. Bahkan Cina sendiri merasa tertantang untuk pelaksanaan Asian Games 2022 mendatang," kata Erick.

Di sisi lain, Erick mengaku senang karena dampak ekonomi yang dirasakan cukup signifikan. Terutama pelaku usaha di sektor riil seperti industri makanan dan minuman, kerajinan tangan, transportasi, hotel, biro perjalanan dan usaha ikutan lainnya. Sedangkan untuk dampak menengah dan panjangnya, kita akan merasakan di sektor pariwisata dan investasi. "Kita tunggu hitung-hitungan dari teman Bappenas dan BKMP yang lebih ahli dalam menghitung dampak ekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018. Kita sukses penyelenggaraan, prestasi dan ekonomi," sebutnya.

Lalu mengenai prestasi, Indonesia mendulang sukses yang sudah tidak perlu lagi diperdebatkan. Bahkan, hingga sehari menjelang acara penutupan, kontingen Indonesia sudah melampaui target yang dibebankan oleh Perhelatan Asian Games 2018 telah selesai.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikpositif.com