• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sawi Hongkong, Sayur dengan Masa Panen Singkat yang Menjanjikan Keuntungan

Senin, 03 September 2018 | 14:21 WIB
Kebun Sawi Hongkong milik Ahap, warga Jalan Laut, Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Bercocok tanam Sawi Hongkong menjadi pilihan Ahap, warga Jalan Laut, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka pasca tidak lagi menjadi nelayan. Dengan memanfaatkan lahan di pekarangan rumah, setiap hari Ahap merawat sayuran tersebut. Kepada klikbabel.com, Ahap menjelaskan, sudah berkebun sejak 8 tahun lalu. "Bertanam sayuran, khususnya jenis Sawi," kata Ahap, Senin (3/9/2018).

Ahap mengaku, bercocok tanam Sawi Hongkong tak menguras banyak tenaga maupun pikiran. ''Ini sangat mudah dijalani semua orang, tergantung usaha kita sendiri. Ditambah lagi karena usia juga sudah tua, sambil olahraga juga,'' jelasnya. Ahap menungkapkan, hasil panen dari Sawi Hongkong lumayan menggiurkan. Untuk satu kilogram sayur dikisaran Rp. 13.000,- per kilogram (kg). ''Satu kali panen biasanya 50 kilogram, dan masa panen hanya 50 hari saja, jadi lebih singkat, dari jenis biasa,'' terangnya.

Selain itu, ada hal juga yang harus diperhatikan dalam bertanam Sawi Hongkong. Meskipun perawatan tidak susah akan tetapi tanaman tersebut sangat membutuhkan kondisi cuaca yang panas, agar sawi yang dihasilkan dapat maksimal saat dipanen. ''Dia gak boleh kena air berlebihan, harus cuaca panas. Kalau untuk cuaca kita sekarang, lumayan bagus, karena sudah masuk musim panas, walaupun sesekali hujan,'' tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com