• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pesta Adat Suku Ketapik Dapat Jadi Ikon Babar

Senin, 03 September 2018 | 07:32 WIB
Pesta Adat Suku Ketapik. Foto : Ist

Klikbabel.com, Kacung - Pesta Adat Suku Ketapik ke 72 di Desa Kacung berlangsung meriah. Tampak masyarakat berbondong-bondong merayakan pesta adat tersebut dengan hadir di Alun-Alun Desa Kacung Kabupaten Bangka Barat. Perayaan dimulai dengan penampilan tarian disertai alunan musik dambus khas Bangka Belitung.

Kepala Desa Kacung Suhardi berharap Pesta Adat Suku Ketapik yang selalu diadakan setiap tahun dapat menjadi ikon budaya Bangka Barat pada umumnya, dan Desa Kacung pada khususnya. Untuk itu Ia pun mengajak masyarakat tetap melestarikan budaya lokal. “Kegiatan budaya serta adat Suku Ketapik ini agar dapat dilestarikan hingga anak cucu kita. Selain itu momen pesta adat ini untuk mempersatukan seluruh sanak keluarga dan juga seperadik,” ujar Suhardi.

Bupati Bangka Barat Parhan Ali menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Desa Kacung yang terus melaksanakan perayaan adat Suku Ketapik setiap tahunnya. “Saya senang dan mendukung acara ini untuk terus dilestarikan, mengingat kegiatan ini merupakan warisan nenek moyang. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan pariwisata di Bangka Barat,” ujar Bupati Bangka Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Hudarni Rani selaku anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa saat ini DPD RI sedang memperjuangkan undang-undang bagi Bangka Belitung, seperti undang-undang tentang kepulauan. Dengan adanya undang-undang kepulauan luas laut juga akan dihitung untuk menaikkan Dana Alokasi Umum, dan juga upaya untuk membuat undang-undang tentang perlindungan hukum adat.

 

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com