Klikbabel.com


Media Hong Kong : Pemenang Asian Games Presiden Jokowi

Minggu, 02 September 2018 | 20:51 WIB
Media asing mengenai pemberitaan Asian Games. Foto : Ist

Klikbabel.com, Jakarta - Indonesia sejak 18 Agustus hingga 2 September menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah atau host, Indonesia dianggap sukses menggelar pesta olahraga negara-negara se-Asia itu.

Kesuksesan Indonesia sebagai host Asian Games XVIII memantik apresiasi dan pujian dari media asing. Sorotan media mancanegara mengarah pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kesiapan Indonesia menjadi host Olimpiade 2032.

Laman Australian Broadcasting Corporation (ABC) yang mengutip Associated Press (AP) menyebut kesuksesan Asian Games 2018 telah melambungkan Jokowi untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Asian Games stir Indonesia's pride, boost Jokowi's campaign,” tulis ABC. Artinya adalah Asian Games membangkitkan kebanggaan Indonesia, mendongkrak kampanye Jokowi. Terlebih, Indonesia tak hanya sukses menggelar perta olahraga yang juga dikenal dengan sebutan Asiad itu.

Sebab, Merah Putih berhasil meraih 31 medali emas dan berhasil bertengger di posisi keempat. Laman South China Morning Post (SCMP) juga memberitakan keberhasilan Indonesia dalam menggelar Asian Games.

Bahkan, surat kabar berbahasa Inggris terbitan Hong Kong itu menyebut pemenang Asian Games 2018 adalah Presiden Jokowi. “And the winner of the Asian Games is … Indonesian President Joko Widodo’s re-election campaign,” tulis laman SCMP.

Tak hanya itu, SCMP juga membandingkan Jokowi dengan Barack Obama. Keduanya dianggap sama-sama sukses mengembangkan kredibilitas di masa kepresidenannya. Selain itu, SCMP juga menyinggung soal rencana Indonesia menggelar Olimpiade 2032.

Keberhasilan upacara pembukaan dan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang nyaris tanpa cela telah mendongkrak kebanggaan nasional Indonesia untuk menawarkan diri sebagai tuan rumah pesta olahraga sedunia itu pada 2032.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : JPNN