Klikbabel.com


Penderita Rubella Asal Muntok Dirawat di Malaysia

Jumat, 31 Agustus 2018 | 21:42 WIB
Kadinkes Babar, Ahmad Syaifudin. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Ahmad Syaifuddin menjelaskan saat ini di Bangka Barat sudah ada 15 kasus orang yang telah terjangkit penyakit Rubella.

Bahkan dirinya mengatakan petugas dinas kesehatan pun turut terjangkit virus tersebut. "Sampel di tahun 2016 yang positif rubella ada 5 orang sedangkan tahun 2017 ada 10 orang. Petugas dinas kesehatan juga ada yang kena positif Rubella," jelasnya.

Dikatakan Ahmad, anak - anak yang terjangkit penyakit Rubella tersebut saat ini tengah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Jakarta dan Malaysia. "Ada 3 anak yang masih menjalani pengobatan, 2 orang berobat ke RSCM dan 1 orang berobat ke Malaysia. Jadi kasus yang kita kirim saat ini ada bayi yang mengalami jantung bocor terdeteksi Rubella dirujuk ke Jakarta dan satu penderita yang sedang perawatan ke Malaysia," tuturnya.

Ahmad juga menjelaskan tentang bahayanya penyakit Rubella ini bila terkena pada ibu yang sedang hamil. Apabila seorang ibu yang sudah terinfeksi Rubella, maka ibu tersebut akan sulit hamil.

"Apalagi yang sifatnya sudah tipe IgGM, jadi itu kalau sperma setelah berhubungan seks, sperma yang dikeluarkan oleh lelaki itu langsung dihadang oleh virus itu sehingga dia tidak mempunyai potensi untuk mengandung dan itu yang dialami oleh pegawai kesehatan kita dan dia positif terkena Rubella," ujarnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com