Klikbabel.com


Bateng Butuh Pengganti Guru Pensiun Berstatus PNS Secepatnya

Kamis, 30 Agustus 2018 | 11:46 WIB
Ilustrasi seorang guru sedang mengajar siswa di sekolah. (Foto : net)

Klikbabel.com,Koba - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini terancam kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut diakibatkan banyak guru yang memasuki masa pensiun setiap tahunnya. Sementara kuota guru PNS setiap tahun tidak ditambah.

Klik juga : PT Timah (TINS) Bakal Genjot Nilai Persediaan Jadi Rp3,2 T

“Kalau bicara soal guru PNS tentu kita kekurangan karena banyak yang memasuki masa pensiun setiap tahun,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Iskandar kepada wartawan di kantornya, Kamis (30/8/2018). 

Ia menjelaskan, dalam dua tahun ke depan yakni 2018 dan 2019 Bateng kekurangan guru SD sebanyak 171 orang dan kekurangan guru SMP sebanyak 107 orang. Untuk itu, ia berencana akan mengusulkan guru berstatus PNS sebanyak 278 orang.  “Idealnya ketika setiap tahun guru PNS ada yang pensiun, harusnya segera ditambah dengan guru PNS baru, sehingga tidak terus berkurang. Makanya sekarang dibantu sama guru non PNS (honorer),” terangnya.

Seharusnya, seluruh sekolah negeri baik di tingkat SD/SMP berstatus guru PNS atau didominasi PNS. Namun, faktanya justru setiap sekolah negeri juga banyak guru non PNS. Terutama sekolah yang ada di desa-desa. “Di desa-desa banyak yang menutup kekurangan guru dengan menggunakan guru honorer. Kendati demikian walau masih kekurangan guru PNS, kita tetap optimis pendidikan di Kabupaten Bangka Tengah tetap berkualitas,” tegasnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com