• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Utang Online Permudah UMKM Raih Pembiayaan

Selasa, 28 Agustus 2018 | 10:45 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Kehadiran perusahaan fintech berbentuk pinjaman online akan mempemudah akses pembiayaan bagi pebisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kementerian Koperasi pun merekomendasikan pengusaha UMKM untuk mengakses pembiayaan melalui pinjaman online yang sudah terdaftar sebagai salah satu alternatif pembiayaan.

Klik Juga : Luis Milla Didukung oleh Menpora

“Banyaknya perusahaan fintech atau pinjaman online merupakan hal positif bagi UMKM. Karena semakin banyak akses permodalan, maka UMKM akan semakin terbantu,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi UKM Yuana Setyowati di Jakarta. Dia menambahkan, keberadaan perusahaan finansial teknologi (fintech) khususnya pinjaman online dinilai sebagai salah satu alternatif mempermudah akses UMKM memperoleh pembiayaan. Pada 2017, UMKM masih sulit mendapatkan permodalan dari pihak bank. “Dari data Bank Indonesia pada 2017, jumlah debitur UMKM baru sekitar 20,” katanya.

Yuana merekomendasikan UMKM untuk bisa bermitra dengan perusahaan fintech melalui layanan pinjaman online. Hanya saja calon nasabah harus selektif melihat perusahaannya, terutama yang sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut catatan OJK, kontribusi sektor UMKM di Indonesia terbukti sangat signifikan bagi perekonomian nasional dengan menyumbang 60% Produk Domestik Bruto dan menye rap 97% dari tenaga kerja nasional. Pentingnya peranan sektor UMKM dalam mendukung pertumbuhan perekonomian tersebut mengharuskan dilakukannya penguatan kapasitas UMKM.  

Salah satu bentuk penguatan itu adalah dengan meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan serta memperluas akses keuangannya. CEO dan Founder Uang Teman, Aidil Zulkifli mengatakan, sebagai pelopor pinjaman tunai (cashloan) berbasis teknologi, pihaknya telah menyalurkan dana pinjaman ke sejumlah pelaku UMKM di Indonesia. “Selama ini sekitar 30% pinjaman digunakan oleh lebih dari 7.000 nasabah di seluruh Indonesia untuk usaha produktif atau UMKM. Uang Teman berkomitmen memperhatikan pelaku UMKM, karena layanan kami sangat cocok bagi para pengusaha mikro yang butuh dana cepat dan akses terbuka,” tutur Aidil.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone