Klikbabel.com


Kasus Stunting Babar Tertinggi Ada di Desa Tugang

Selasa, 28 Agustus 2018 | 16:13 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Muntok - Desa Tugang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar) menjadi desa yang memiliki jumlah stunting paling tinggi di Babar. Untuk itu, dengan dibentuknya Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak (PUSPA) diharapkan bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Sosial Pemkab Bangka M. Soleh mengatakan, Forum PUSPA di Kabupaten telah terbentuk dengan melibatkan berbagai kalangan. Diantaranya organisasi, media massa, UKM, akademisi, dan usaha. Menurutnya, ada beberapa strategi dalam menjalankan kegiatan PUSPA ini yaitu kelompok kerja Forum PUSPA Sejiran Setason yang memiliki fokus masing-masing yang mana dalam forum tersebut terdiri dari tiga Pokja.

Klik Juga : Kadistan Bangka Tersangka, Pemkab Beri Bantuan

"Yang pertama adalah POKJA I memiliki program kerja untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan, POKJA II memiliki program kerja akhiri perdagangan terhadap perempuan dan anak dan POKJA III memiliki program kerja akhiri akhiri kesenjangan ekonomi," jelasnya, Selasa  (28/08/2018).

Masih dikatakan Soleh, Fokus pertama Forum PUSPA ini yaitu pencegahan stunting yang ada di Kabupaten Bangka Barat. "Daerah yang menjadi Locus program PUSPA yaitu Desa Tugang Kecamatan Kelapa, karena desa ini memiliki jumlah stunting yang paling tinggi di Kabupaten Bangka Barat," Ujarnya.

"Semoga dengan adanya pelatihan Forum PUSPA ini dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi permasalahan stunting yang sedang terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya dan Kabupaten Bangka Barat pada khususnya," tutupnya.

 



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com