Klikbabel.com


Kejari Babar Musnahkan Barang Bukti

Senin, 27 Agustus 2018 | 13:44 WIB
Pemunsahan barang bukti di Kejari Babar. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Kejaksaan Negeri Bangka Barat memusnahkan barang bukti tahun 2018. Barang bukti yang dimaksud adalah barang bukti yang telah berkekuatan hukum (Incraht). Pemusnahan ini dilakukan dengan cara membakar, menghancurkan dan menimbun barang bukti sesuai kategori.

Klik Juga : 2 Penyu Mati Terjerat Tali Nilon

Kegiatan eksekusi ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Bangka Barat, Drs. Yunan Helmi, Ketua DPRD Bangka Barat, Hendra Kurniady, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Dr. Neva Sari Susanti, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Drg. Achmad Syaifuddin, Senin (27/08/2018)

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Dr. Neva Sari, SH, M.Hum mengatakan bahwa kegiatan eksekusi pemusnahan terhadap barang bukti ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan oleh Kejaksaan Negeri sebagai leading sectornya. "Hal ini sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tentang keharusan untuk memusnahkan barang bukti dan pada tahun 2018 ini adalah kegiatan eksekusi yang pertama kali dilakukan," katanya.

Selain itu, Neva juga menjelaskan kegiatan eksekusi pemusnahan barang bukti kali ini dilakukan terhadap 81 perkara bidang Pidana Umum dan 1 perkara bidang Pidana Khusus. Bidang Pidana Umum terdiri dari 48 perkara dari tindak pidana umum lainnya, 19 perkara dari bidang Keamanan dan Ketertiban Umum (Kantibum), 12 perkara dari bidang Orang dan Harta Benda (Oharda), dan 2 perkara dari Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

"Sedangkan dari bidang Pidana Khusus terdiri dari 1 perkara bea dan cukai dengan barang bukti sebanyak 278 slop rokok merk Sekar Madu (SMD) yang dilekati pita cukai palsu dan 58 slop rokok SMD dan 11 bungkus rokok dengan merk yang sama," Jelasnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com