• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Petani Protes Mina Padi, Ini Jawaban Dinas Perikanan Bateng

Sabtu, 25 Agustus 2018 | 20:46 WIB
Plang program Mina Padi di desa Namang, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Namang - Program bantuan mina padi oleh Dinas Perikanan, Bangka Tengah (Bateng) sempat mendapat pertanyaan petani lantaran belum menyebar merata ke berbagai kelompok petani di Bateng. Hal ini pun mendapat protes dari sebagian petani. 

Menanggapi masalah tersebut, Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan, Jumroh menjelaskan, program mina padi tahun 2017 baru kegiatan percontohan. Namun, di 2018 akan merata dan ditargetkan petani sudah mulai bisa swadaya dan masuk kategori program yang berhasil. 

"Kan tahun ini sudah bisa swadaya nanti bisa diusulkan lagi tahun depan siapapun petani yang mau dan siap menjalankan programnya terbuka untuk siapapun denagn catatan nanti diidentifikasi kecocokan areal persawahannya," terangnya. 

Ia pun menolak jika disebutkan bantuan diberikan hanya untuk kelompok tertentu." Saya mau klarifikas bahwa tidak ada unsur sara dalam pemilihan kelompok. Bagi petani yg mau ikut bisa daftar di penyuluh setempat untuk membuat kelompok baru. Dan selanjutnya mengikuti syarat dan kriteria kelompok sesuai SOP Juknis Kementrian Kelautan dan Perikanan," bebernya. 

"Intinya dalam pemilihan kelompok kami tidak membedakan ras dan suku. Siapapun bisa mendapatkan program tersebut. Asal kelompoknya masuk kriteria yang ditetapkan kementrian," tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com