• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


6 Kategori Survei, Tak Satupun Prabowo-Sandi Menang

Jumat, 24 Agustus 2018 | 20:41 WIB
Jokowi-Ma'ruf Amin. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Pasangan Jokowi-Maruf Amin unggul telak dalam hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Ada 6 kategori survei yakni pemilih muslim berdasarkan asosiasi pada ormas, pandangan agama dan politik, tipe ideal negara, praktek ibadah, dan ulama yang di dengar.

Dari kesemua kategori itu tak satu pun Prabowo-Sandiaga menang. Dalam kategori pertama pemilih muslim yang berasal dari organisasi masyarakat (ormas) terbesar NU dan Muhammadiyah lebih besar mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Dalam kategori asosiasi pada ormas, Jokowi-Ma'ruf unggul di semua segmen kecuali di segmen yang mengidentifikasi dirinya sebagai PA 212," kata peneliti LSI Denny JA Rully Akbar di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat, (24/8/2018).

Pada kategori kedua pemilih muslim soal agama dan politik mayoritas pun memilih Jokowi-Ma'ruf. Baik mereka yang menyatakan bahwa agama tidak bisa dipisahkan dengan politik maupun sebaliknya.

"Dikategori ketiga tipe ideal negara, baik pemilih Negara Islam, Demokrasi Liberal atau Demokrasi Pancasila semua mendukung Jokowi-Ma'ruf," tuturnya. Selanjutnya di kategori keempat berdasarkan pemilih muslim yang suka melakukan ibadah seperti solat Jokowi-Ma'ruf kembali ungguli pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Kategori kelima, berdasarkan praktek ibadah membaca Al-Quran Jokowi-Ma'ruf unggul di kategori membaca Al-Quran dengan dukungan 61,0 persen berbanding 30,1 persen," terangnya.

Terakhir kategori keenam yaitu pemilih muslim berdasarkan ulama atau tokoh yang paling di dengar ada delapan tokoh, Ustaz Abdul Somad, Yusuf Mansur, Ma'ruf Amien, Habieb Rizieq Shihab, Amien Rais, Said Aqil Sirodj, Din Samsudin, TGB Zainul Majid dan gabungan tokoh lainnya, mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Dibandingkan dengan Prabowo-Sandi, Jokowi-Ma'ruf unggul lima tokoh sementara Prabowo-Sandiaga unggul di tiga tokoh," terangnya.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com