• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Banyak Makan Masakan Kambing saat Idul Adha, Awas 5 Penyakit Ini

Rabu, 22 Agustus 2018 | 15:00 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com - Masakan olahan kambing seperti Sate, kari, sop kaki, tongseng, sop buntut, hingga gulai kambing memang sayang untuk dilewatkan saat meranyakan Idul Adha. Namun mengonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Banyak aneka masakan olahan daging kambing tersaji di meja makan. Rasanya, ingin menyantap semua masakan dari daging yang mengandung protein dan lemak hewani tersebut.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi daging kambing berlebihan. Sebab, ada bahaya kesehatan yang mengintai tubuh bila terlalu banyak makan kambing. Berikut diantaranya.

Kolesterol naik

Klik Juga : 5.570 Formasi CPNS 2018 Diusul Sri Mulyani

 

Risiko kolesterol tinggi dapat terjadi bila terlalu banyak makan daging kambing, bahkan bisa mencapai 39 mg/100 gram. Dalam beberapa kasus kolesterol tinggi dapat menyerang seseorang yang memiliki koleterol normal, sehingga berisiko terkena kardiovaskular.

Gangguan pencernaan atas-bawah

Lemak berlebihan yang berasal dari daging kambing dapat tertimbun di lambung yang menyebabkan terjadinya pengosongan. Dalam kasusu ini biasanya pendirita akan merasa panas di dada atau heartburn.

Nyeri ulu hati

Reaksi langsung yang sering dialami banyak orang setelah mengkonsumsi daging kambing biasanya pusing, pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Ini terjadi karena terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Dalam kasus tertentu, beberapa orang mengalami sesak napas.

Jantung

Salah satu penyebab sakit jantung bisa disebabkan karena terlalu banyak makan daging kambing karena kandungan lemak hewaninya yang tinggi. Sehingga terjadi penimbunan lemak, bahkan bisa sampai ke pembuluh darah. Jadi aliran darah yang seharusnya mengalir ke otak, terhalang oleh pembuluh darah yang terdapat timbunan lemak.

Obesitas

Tingginya kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari daging kambing dapat meningkakan risiko obesitas. Jika timbunan lemak ditubuh semakin banyak maka muncul risiko penyakit lain, sepeti penyempitan pembuluh darah hingga kardiovaskular.

Klik juga : Kodim 0413 Bangka Kurban 6 Sapi dan 4 Ekor Kambing

 

Mengenai bahaya mengkonsumsi daging kambing yang telah dipaparkan di atas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, terlalu banyak mengkonsumsi daging berisiko terkena penyakit kanker.

Bila Anda termasuk gemar makan daging kambing disarankan imbangi dengan makan buah, sayur, serta rajin berolahraga untuk menghindari penyakit di atas. 

loading...
loading...


Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com