• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Namang Panen Kedua Beras Merah

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 12:33 WIB
Amir, petani beras merah asal Namang, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Namang - Petani desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sedang menikmati masa panen beras merah kedua di tahun 2018 ini, Sabtu (18/8/2018). Salah satu petani Namang, Amir mengatakan, memasuki panen kedua ini memang tidak sebanyak panen pertama pada April yang lalu. "Namun patut kita syukuri masih menikmati hasil panen di kondisi kemarau saat ini," ujarnya, Sabtu (18/8/2018). 

Diungkapkannya, pada panen April lalu petani dapat memanen sekitar 7 ton beras merah. Sementara untuk panen kedua berkisar 3 ton lebih. "Untuk harga juga stabil yakni  Rp15.000 per kilogram," ucap Amir, saat ditemui di sawahnya.

Ia menjelaskan, beras merah Namang merupakan produsen terbesar, sehingga tak heran masyarakat dari berbagai daerah rela memesan jauh-jauh hari untuk menikmati beras merah yang memiliki banyak kandungan gizi ini. "Alhamdulillah sebelum panen susah ada yang pesan. Namun tetap saja kami butuh tengkulak. Kalau nunggu masyarakat satu persatu yang beli jadi lambat habis. Kami kadang perlu putar modal untuk nyemai benih padi selanjutnya," jelas Amir. 

"Tapi kami tetap bersyukur. Hasil panen tetap selalu habis walaupun lambat terjual. Semoga saja kedepan ada tengkulak yg menampung hasil panen kami. Agar kami bisa fokus ke penyemaian ladi selanjutnya," tutupnya. 



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com