• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Panjat Tiang Bendera, Siswa SMP Ini Selamatkan Muka Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2018 | 13:33 WIB
Aksi siswa SMP yang memanjat tiang bendera. Foto : suara.com
Loading...

Klikbabel.com, NTT - Siswa kelas 7 SMP Negeri Silawan, Kabupaten Belu bernama Yohanes Andigala, mendadak terkenal setelah kisahnya menjadi pahlawan penyelamat tali tiang bendera putus saat upacara peringatan HUT ke-73 RI viral di media-media sosial.

NTTOnlineNow.com —jaringan Klikbabel.com memberitakan, peristiwa itu terjadi dalam upacara HUT ke-73 kemerdekaan RI di Pantai Mota’ain, Desa Silawan, Jumat (17/8/2018). Insiden unik putusnya tali tiang bendera bermula sekitar pukul 09.40 WITA, saat paskibra hendak mengibarkan bendera Merah Putih di pantai Mota’ain yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

Selesai mengikat tali bendera ke tali tiang dan saat akan ditarik bentang, tali pada bagian tiang putus. Namun, insiden itu tidak menyurutkan petugas dan peserta untuk tetap melanjutkan upacara sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai.

Seusai bernyanyi, seorang anak Yohanes Andigala secara sigap memanjat tiang bendera hingga ujung, dan meraih tali yang putus kembali ke bawah. Di bawah tiang bendera, petugas pengibar dibantu aparat TNI-Polri langsung membantu menerima tali.

Mereka lantas mengikatnya dan kembali mengibarkan bendera sambil memberikan penghormatan. Wakil Bupati Belu JT Ose Luan selaku inspektur upacara menuturkan, peristiwa tadi janganlah ditafsir secara serampangan.

"Peristiwa tadi menunjukkan, bangsa ini tetap jaya dan tak terganggu oleh kelompok yang ingin mengganggu keutuhan NKRI, Pancasila, dan UUD 45,” tuturnya.

Ia mengatakan, tidak mudah memperoleh kemerdekaan, “Dan seorang anak kecil begitu sikap hebatnya, memanjat tiang ini, dan kemudian dapat mengatasi masalah sehingga kita yang tadi bingung tersenyum kembali,” ucap Ose.

Menurut dia, kejadian tadi mengingatkan semua pada masa lalu, di mana perjuangan para pejuang meraih kemedekaan. “Ini pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara kemerdekaan,” kata dia. “Terimakasih pahlawan kecil, kejadian ini menggugah saya, tapi kau adalah pahlawan dan ini pembelajaran untuk kita semua,” sambung mantan sekda itu.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com