• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


52 KWT Bangka Kembangkan Olahan Pangan Lokal

Kamis, 16 Agustus 2018 | 09:53 WIB
Plt Kepala Dinas Pangan (Dinpan) Kabupaten Bangka, Ir. Rusmansyah, MT.
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Sebanyak 52 Kelompok Wanita Tani (KWT) dari delapan kecamatan se Bangka siap mengembangkan produksi olahan pangan lokal Kabupaten Bangka. Plt Kepala Dinas Pangan (Dinpan) Kabupaten Bangka, Ir. Rusmansyah, MT menjelaskan, 52 KWT itu telah mengeluarkan berbagai produk olahan pangan lokal dengan kategori makanan dan minuman. "Mereka mengolah serai, jahe, singkong pisang, beras aruk, cempedak hingga nanas menjadi produk andalan hingga saat ini," kata dia, Kamis (16/8/2018).

Klik Juga : Rupiah Berhasil 'Lari' dari Rp 14.600/USD

Rusmansyah mengaku, sebagai bentuk dukungan Pemkab Bangka terhadap KWT yang ada di beberapa desa di Kabupaten Bangka, pihaknya terus melakukan pembinaan langsung ke lapangan dalam bentuk sosialisasi serta mengikutsertakan para KWT pada setiap event yang menyangkut olahan pangan. “Bentuk binaan kita yang pertama terus mendorong agar semua KWT itu memproduksi pangan olahan, bentuk -  bentuk dorongan itu dalam bentuk mendokumentasikan berupa foto dan video serta mendokumentasikan resep – resep mereka dalam sebuah daftar buku yang nanti akan kita edarkan ke masyarakat, lalu kita juga mengikutsertakan mereka untuk setiap event – event untuk mereka agar berkembang,” ungkap Rusmasnyah.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, H. Suparjo, SP, menjelaskan bahwa dari total 52 KWT yang ada sudah tiga KWT diantaranya yang telah memiliki izin Pangan Industri (PIRT) yakni KWT Mandiri Desa Mabat, KWT Maju Desa Kemuja dan KWT Mekar Sari Desa Air Duren.

 

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com