• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pensil Alis Terkenal Diamankan BPOM

Selasa, 14 Agustus 2018 | 11:08 WIB
Kepala BPOM Penny K Lukito. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyisir produk kosmetik ilegal yang diduga mengandung bahan berbahaya. Di antara produk-produk tersebut ada beberapa merek yang cukup populer di kalangan make up artists (MUA).

Klik Juga : Timah Berdampak Positif dari Terpuruknya Rupiah

"Temulawak Two Way Cake, New Papaya Whitening Soap, NYX Pensil Alis, MAC Pensil Alis, Revlon Pensil Alis, Collagen Plus Vit E Day and Night Cream, Cream Natural 99, SP Whitening and Anti Acne, Quine Pearl Cream, Citra Day Cream, Citra Night Cream, serta La Widya Temulawak adalah beberapa merek produk kosmetika yang ditemukan dan diduga kuat mengandung bahan yang dilarang digunakan dalam kosmetik, yang ditemukan dan disita BPOM RI di daerah Jakarta dan Serang dalam 3 bulan terakhir ini. Beberapa temuan tersebut merupakan merek yang dipalsukan," demikian tulis BPOM dalam keterangan resminya.

Kepala BPOM Penny K Lukito tidak menyebut secara detail kandungan berbahaya apa saja yang ditemukan dalam produk-produk kosmetik tersebut. Namun ia mengatakan, ada beberapa produk yang dipalsukan dan sebagian lainnya mengandung merkuri. "Kami menemukan banyak makeup-makeup yang dari hasil penyelundup, palsu juga ada dan itu dari beberapa brand yang baik," ujarnya, Selasa (14/8/2018).

Untuk itu, Penny mengimbau para produsen yang merasa produknya dipalsukan untuk melapor. Sanksi tegas akan diberikan pada oknum yang mengedarkan produk palsu tanpa sertifikasi resmi dari BPOM. "Kita selalu mengawasi, memonitor dan tindakan tegasnya adalah melakukan penutupan kemudian melaporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)," kata Penny.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Detik.com