• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dana Investor Lokal Masuk Pasar Modal Tembus Rp386,9 T

Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:08 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Medan - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat peningkatan cukup signifikan pada raihan dana dari investor lokal di pasar modal nasional pada semester I-2018. Tercatat raihan dana dari investor lokal di semester I-2018 (Januari-Juli 2018) sebesar Rp386 triliun. Naik sekira 10,14% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 lalu.

Klik Juga : Pensil Alis Terkenal Diamankan BPOM

Hal tersebut dikatakan Kepala Divisi Pengembangan Investor BEI‎, Erna Dewayani, ‎usai membuka kegiatan Public Expose pada rangkaian Investor Summit 2018 di Hotel Four Points, Medan, Selasa (14/8/2018). "Begitu juga dengan emiten, saat ini ada 595 emiten. Perusahaan-perusahaan lokal kita sangat aktif untuk go public saat ini. Bahkan hampir setiap minggu ada perusahaan baru yang listing. Dari Sumut ada 7 emiten saham dan 2 emiten obligasi," ‎tambahnya.

Peningkatan jumlah emiten dan raihan dana investor lokal ini, lanjut Erna, terjadi seiring dengan masih sangat potensialnya pertumbuhan di pasar modal nasional. Meski dalam beberapa bulan terakhir terjadi fluktuasi yang cukup dinamis, namun masih dalam tren yang positif. "Secara fundamental kita masih cukup kuat. Masih cukup menjanjikan. Ada memang penarikan dana investor asing yang cukup besar di momen-momen tertentu. Tapi biasanya tidak lama dan mereka kembali lagi. Jadi meskipun sempat turun, secara jangka panjang akan tumbuh positif. Investor lokal kita juga cukup firm di pasar modal kita," tukasnya.

Menurut Erna, pertumbuhan raihan dana dari investor lokal ini, didorong oleh pertumbuhan jumlah emiten dan investor lokal sepanjang semester I-2018 lalu. "Saat ini berdasarkan SID (nomor tunggal identifikasi investor) ada 726.160 investor di Pasar Modal, sangat agresif pertumbuhannya. Dan yang menggembirakan, investor kita kebanyakan dari usia produktif yang sangat aktif bertransaksi. Di Sumut sendiri cukup besar, ada sekitar 32 ribu investor atau sekitar 4,4% dari total investor nasional," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone