Klikbabel.com


JPPR Berharap Masyarakat Proaktif Melihat Datanya ke KPU

Minggu, 12 Agustus 2018 | 20:13 WIB
Ketua JPPR Babel menyerahkan catatan kepada Ketua KPU Babel, Davitri. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) wilayah Babel di sela-sela acara sosialisasi talk show hasil pemuktahiran yang diselenggarakan oleh KPU Babel, Sabtu (12/8/2018) menyampaikan catatan masalah kevalidan data pemilih.

M. Jaka Zia Utama,S.Psi.,SH, Manager Advokasi dan Hukum JPPR Babel menyatakan adanya beberapa persoalan yang dianggap penting untuk menjadi perhatian. 

"Sebagai pemantau Pemilu JPPR mencatat ada masalah-masalah klasik dalam proses pendataan antara lain kualitas dan integritas pantarli serta proses pelaksanaan, data pemilih potensial yang banyak tidak valid dan masih adanya data yang keluar tapi masuk lagi, serta masyarakat yang reaktif terhadap proses pemilihan," ujarnya. 

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat Babel dapat proaktif untuk mengecek data masing-masing menjelang pemilu. "Data pemilih merupakan start awal kesuksesan sebuah penyelenggaraan pemilu yang berpengaruh terhadap jumlah TPS, surat suara, dan bahkan angka partisipasi, sehingga perlu kevalidan data pemilih," sebutnya. 

"Serta juga perlu peranan proaktif masyarakat dengan cara masyarakat mengecek namanya sudah masuk sebagai data pemilih atau belum baik datang ke KPU atau Kelurahan atau mengecek di sistem sidalih di playstore'' ujar Jaka. 



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com / release