• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tuing Bakal Jadi Kawasan Pencadangan Konservasi Suaka Perikanan

Jumat, 10 Agustus 2018 | 13:05 WIB
Kawasan Tuing. Foto : net

Klikbabel.com, Riausilip - Kawasan perairan Tuing, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka yang dikenal sebagai sentra penangkapan cumi-cumi akan dijadikan kawasan pencadangan konservasi suaka perikanan. Sejumlah langkah strategis dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan diantaranya dengan melakukan konsultasi publik review terhadap rencana pencadangan kawasan konservasi di Kantor Desa Tuing, Kamis (09/08/2018).

Klik Juga : Hanura Bingung SBY Pilih Kardus Kosong

Kepala Bidang Penataan Ruang Laut DKP Provinsi, Kristiatlizar menyatakan tujuan konsultasi publik ini adalah untuk menggali masukan dari nelayan khususnya terkait penetapan pencadangan kawasan konservasi yang akan dibentuk. "Rencana awal luasan kawasan konservasi adalah seluas 40.000 hektar, namun setelah dikaji lebih lanjut luasan yang bisa dicadangkan kurang lebih seluas 9.809,56 hektar. Dan luasan tersebut sudah dikonsultasikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," jelas Kristiatlizar.

Sementara itu Kadus Tuing, Kali, menyambut baik rencana dibentuknya kawasan konservasi di perairan Tuing. Menurutnya dengan adanya kawasan konservasi akan melindungi perairan Tuing dari aktivitas penambangan timah. "Kami penduduk Tuing sehari-hari menggantungkan hidup dari hasil melaut, tidak pernah sedikit pun mencicipi pendapatan dari tambang, jadi kami akan dukung kawasan konservasi ini," ungkap Kali.

Hal senada diungkapkan Sukardi nelayan Desa Tuing. Ia berharap luasan kawasan konservasi bisa ditambah lagi. "Seharusnya area penangkapan nelayan bisa masuk dalam zona yang dilindungi jadi kiranya luasannya bisa ditambah karena kami merasa dirugikan oleh adanya penambangan timah," jelasnya

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com