• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Start Alun-alun Finish di Hotel Sabrina

Jumat, 10 Agustus 2018 | 15:32 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pelaksanan karnaval peringatan HUT ke 73 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya digelar bulan Agustus, namun sekarang dimulai tanggal 1 September. Begitu juga dengan rute perjalanan karnaval, pasalnya ada perubahan beberapa ruas jalan yang dilintasi peserta karnaval. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman menjelaskan, karnaval sekolah dan parade drumband junior dilaksanakan tanggal 1 September. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan mengambil garis start di Alun-Alun Taman Merdeka. Sedangkan garis finis ada di jalan belakang Hotel Sabrina.

Klik Juga : Hanura Bingung SBY Pilih Kardus Kosong

"Rute yang dilintasi antara lain, dari garis start peserta karnaval melalui Jalan Jend Sudirman. Selanjutnya melalui Jalan Stania menuju Jalan Jenderal A Yani. Saat sampai di perempatan Jalan Muntok, mengambil arah kiri lewat Masjid Jami. Kemudian menuju jalan Sudirman untuk mencapai garis finis di belakang Hotel Sabrina," jelas Sudarman, Jumat (10/8/2018). Berbeda dengan rute yang akan dilewati peserta karnaval umum, sepeda hias dan parade drumband senior. Sudarman menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut tanggal 2 September. Rute yang bakal dilintasi berbeda ketika sampai di perempatan Jalan Muntok. Sebab peserta karnaval hari kedua tidak belok ke arah Masjid Jami, melainkan peserta diarahkan menempuh jalan lurus melewati Theresia.

Selanjutnya, dari Theresia kembali lurus ke arah perempatan Jalan Bukit Intan. Lalu di perempatan tersebut kembali lurus menuju SDN 12 hingga bertemu Jalan Soekarno Hatta selanjutnya belok kiri. Setelah itu peserta menempuh jalan lurus melewati perempatan Semabung, kemudian perempatan pasar hingga sampai digaris finis di jalan belakang Hotel Sabrina. Panggung kehormatan berada di depan rumah wakil gubernur di Jalan Jenderal Sudirman, atau berada di depan ruko Pujako. Sudarman menambahkan, untuk rute kegiatan karnaval kendaraan motor dan mobil hias berbeda juga dengan karnaval di hari sebelumnya. Pasalnya jarak yang ditempuh lebih jauh, setidaknya peserta harus menempuh perjalanan sekitar 14 kilometer.

Kegiatan tanggal 3 September dimulai pukul 09.00 WIB. Ia menjelaskan, lokasi start masih menggunakan Alun-Alun Taman Merdeka. Namun garis finisnya berada di pertigaan jalan bandara lama. Adapun rute yang ditempuh, setelah melalui panggung kehormatan langsung menuju pertigaan Gabek. Sesampai di pertigaan tersebut, peserta belok kanan menuju Pangkalbalam. Setelah sampai Pangkalbalam, kemudian peserta diarahkan melintasi Jalan RE Martadinata. Ketika berada di pertigaan Jalan Isola, peserta kembali masuk Jalan Jenderal Sudirman menuju perempatan pasar dan terus ke perempatan Semabung. Lalu peserta mengambil jalan ke arah Air Itam dan masuk Jalan Bangka. Sebelum sampai kantor gubernur, peserta ke arah kanan melintasi Jalan Pulau Pelepas. "Sesampai di depan Hotel Soll Marina, peserta ke arah kanan melintasi Jalan Soekarno Hatta dan finis di pertigaan jalan bandara lama," jelasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com