Klikbabel.com


PT Timah Raih Anugerah BUMN 2018

Jumat, 10 Agustus 2018 | 16:42 WIB
Anugerah BUMN 2018

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dewan juri Anugerah BUMN 2018 yang diketuai Dr Tanri Abeng memutuskan PT Timah Tbk meraih gelar Penghargaan 7th Anugerah BUMN 2018 dalam kategori Daya Saing Global Terbaik II. Tahun 2018 merupakan tahun ke-7 Majalah BUMN Track menyelenggarakan event Anugerah BUMN.

Klik Juga : Pesan Aa Gym untuk Para Capres-cawapres

Kegiatan yang didukung oleh PPM Manajemen tersebut  mengusung tema: “Memperkokoh BUMN Hadir di Dalam Negeri dan Kancah Global.” Antusiasme peserta meningkat, terlihat dari melonjaknya jumlah peserta yang mencapai 86 perusahaan pada tahun ini, meningkat dibanding tahun lalu yakni 73 perusahaan.

Anugerah BUMN yang rutin diselenggarakan tiap tahun oleh Majalah BUMN Track merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul serta mampu berdaya saing di tingkat nasional dan global, sekaligus mendorong pertumbuhan tata kelola BUMN yang semakin governance.

Event ini juga mengapresiasi kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing kuat di level internasional. Pemimpin Perusahaan Majalah BUMN Track, SH Sutarto mengatakan, bertambahnya jumlah peserta menunjukkan adanya peningkatan eksistensi BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah berkarya, baik di dalam negeri maupun dunia internasional.

“Kami melihat banyak prestasi yang diraih anak perusahaan yang tak kalah dengan induknya. Bahkan beberapa di antaranya sudah berkiprah di kancah global,” ujar SH Sutarto pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Kriteria penilaian Anugerah BUMN 2018 terfokus pada kinerja usaha, kinerja keuangan, kinerja kepemimpinan dan tata kelola perusahaan sepanjang tahun  2017.

Selain kinerja korporasi, dipilih pula pemenang CEO terbaik dari BUMN dan anak usaha BUMN. Proses penjurian berlangsung tiga tahap, berupa seleksi kuesioner, presentasi pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri serta wawancara CEO. Dari 120 BUMN dan anak usaha BUMN yang mengikuti seleksi tahap awal, tercatat sebanyak 86 BUMN dan anak perusahaan  yang lolos seleksi penjurian tahap 2 berupa wawancara korporasi. Selanjutnya, sebanyak 32 CEO BUMN terpilih untuk mengikuti wawancara sekaligus menjadi tahap final penjurian.

Pemimpin Redaksi Majalah BUMN Track Akhmad Kusaeni mengungkapkan, para peserta membuktikan argumentasinya melalui data, angka, foto bahkan tayangan video. Mereka berlomba menampilkan presentasi secara menarik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis Dewan Juri dengan taktis dan meyakinkan. “

Adanya penjelasan langsung dari para CEO membuat stigma negatif tentang BUMN akibat pemberitaan miring di media dan media sosial tidak sepenuhnya benar. Kami menjadi sangat bangga karena kiprah sejumlah BUMN di kancah global luar biasa,” ungkap Akhmad Kusaeni.

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com