• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ikan Tenggiri Saja Sudah Rp100 Ribu per Kilo

Jumat, 10 Agustus 2018 | 12:38 WIB
Okta penjual ikan di Pasar Kite Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Cuaca yang tak menentu berimbas pada kenaikan harga ikan. Seperti yang terjadi di salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Sungailiat, yakni Pasar Kite. Kenaikan harga ikan tersebut disebabkan oleh banyaknya para nelayan yang enggan melaut karena cuaca ekstrem terjadi akhir-akhir ini. Hal tersebut disampaikan Okta, salah satu pedagang ikan di Pasar Kite kepada klikbabel.com, Jumat (10/8/2018).

Okta mengatakan, rata-rata harga semua jenis ikan dagangannya mengalami kenaikan sejak awal pekan kemarin yang sedikitnya membuat para ibu rumah tangga berpikir dua kali untuk membeli ikan. ''Naiknya lumayan banyak, seperti Ikan Tenggiri yang saat ini seharga Rp. 100.000,- per kilogram (kg), sebelumnya minggu kemarin masih diharga biasanya kita jual Rp. 80.000,- per kg,'' jelasnya.

Klik Juga : Jokowi Bantu Kyai Ma'ruf Tandatangani Berkas Pendaftaran

Ia melanjutkan, naiknya harga ikan menjelang akhir tahun memang biasa terjadi karena perubahan cuaca yang juga biasa terjadi sejak pertengahan hingga akhir tahun. ''Nelayan itu biasanya kalau sudah pertengahan tahun, mereka sudah mulai berfikir untuk melaut, karena biasanya mulai bulan 8 angin kencang, gelombang besar,'' ungkapnya.

Untuk harga ikan yang dijualnya sendiri seperti ikan kerisi sekarang berada dikisaran Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,- per kg, yang sebelumnya sempat menyentuh harga Rp.35.000 per kg. Sedangkan Ikan Ciu mata besar berada dikisaran Rp. 35.000,- yang sebelumnya dikisaran Rp.25.000,- sampai Rp.30.000 perkilo. ''Sekarang stok semakin sedikit dari para nelayan. Makannya harga lebih tinggi. Kita juga tetap berharap jangan ada lagi kenaikan, dan stok ikan tetap normal,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com