• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pajak Penerangan Akan Dibagi Sesuai Klaster

Kamis, 09 Agustus 2018 | 15:18 WIB
Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bangka Barat (Babar) Abimanyu. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bangka Barat (Babar) Abimanyu menjelaskan, pihaknya sudah berupaya untuk mengubah Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Hal itu kata dia, sudah disetujui oleh pihak DPRD Babar.

Klik Juga : Mahasiswa Polman Raih Juara Internasional

"Jadi PPJ dengan Perda yang baru, perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2011. Jadi memang kalau dulu pukul rata 10% semua. Kalau sekarang di Perda yang baru yang sudah disetujui dewan sekarang masih dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri, itu bervariasi. Dari rumah tangga yang 450 watt kebawah itu 3 persen, kemudian yang 900 watt kalau nggak salah 4 atau 5 persen sampai yang 2200 watt baru 10%," jelas Abimanyu, Kamis (9/8/2018).

Abimanyu menambahkan, perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2011 masih di evaluasi provinsi jadi belum diundangkan dalam lembar daerah. Jadi masih di evaluasi Kementerian Dalam Negeri, setelah di evaluasi baru berlaku. "Ada sebagian masyarakat yang mengeluhkan, koq biaya listrik ini mahal. Kemudian hasil rapat koordinasi di Provinsi, langsung sama Pak Gubernur, sama Pak Wabup waktu itu. Nanti PPJ nya akan dibeda-bedakan. Ade klasternya. Kalau di PLN kan sudah ada klarifikasinya. Jadi tinggal secara aplikasi nanti dirubah di PLN," tutupnya.

Sementara, Wakil Bupati Bangka Barat Markus mengatakan, dalam waktu dekat akan segera menurunkan PPJ pulsa listrik yang dianggap terlalu membebankan masyarakat. "Mungkin kita akan merubah Perda, ini lagi digodok. Masalah pulsa listrik, rencananya nanti kita akan menuntaskan, masyarakat tidak mampu berapa watt kita akan turunkan PPJ nya. Supaya pulsa listrik ini bisa. Kita kasihan la sama masyarakat," kata Markus.

Markus juga mengharapkan dengan diturunkannya PPJ pulsa listrik ini dapat membantu ekonomi masyarakat yang saat ini sedang melemah. "Sekarang ekonomi masyarakat lagi lemah kan, jadi kita harapkan dengan begitu bisa membantu masyarakat lah," tutupnya.

 



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com