Klikbabel.com


Tertinggi Kasus Gizi Kronis, Bupati Babar Sebut Data Lama

Rabu, 08 Agustus 2018 | 20:55 WIB
Bupati Babar Parhan Ali. Foto : Ist

Klikbabel.com, Muntok - Bupati Bangka Barat (Babar) Parhan Ali membantah keras jika kabupaten yang dipimpinnya memiliki kasus stunting (gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama-red) tertinggi di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Sebelumnya, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah pada saat membuka acara rapat koordinasi teknis gubernur dengan walikota/bupati se Babel sempat menegaskan jika angka stunting tertinggi terdapat di Kabupaten Babar dan Bangka.

"Nggak benar. Itu kan data pada tahun 2013. Itu dari Bappenas dikirim ke sini. Waktu mengadakan rapat di Novotel, saya tanya apa dasarnya hitungan sekian itu, kriterianya apa dan mereka gak bisa jawab karena itu kan data tahun 2013," tegas Parhan kepada klikbabel.com, Rabu (8/8/2018).

Lanjut dikatakan Parhan, bila di tahun 2013 angka stunting di Babar mencapai 8.000 orang maka saat ini hanya sekitar 2.000 orang. Maka dari itu, gubernur kata Parhan, langsung meralat data tersebut dan meminta maaf lalu meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi untuk mengupdate data angka stunting terbaru.

"Kalau bilang di Bangka Belitung itu data stunting mencapai 27,4 persen sedangkan di Bangka Barat mencapai 25 persen itu tidak benar. Sekarang ini angka stunting di Babar hanya sekitar 2.000 orang saja. Tadi pak Erzaldi sudah meralat dan meminta maaf," tutupnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com