• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KKN UBB Pasirputih Kenalkan Hidroponik ke Pelajar SMP

Rabu, 08 Agustus 2018 | 05:10 WIB
Pelajar SMP 2 Tukak Sadai bersama mahasiswa UBB. Foto : Ist

Klikbabel.com, Tukaksadai - Melalui program bertajuk Go Green Stay Blue, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) XIII Universitas Bangka Belitung (UBB) 2018 Desa Pasirputih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selan, mengenalkan teknik hidroponik kepada siswa SMPN 2 Tukak Sadai.

Pengenalan ini dilakukan dengan memperagakan teknik penanaman beberapa jenis tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah seperti teknik menanam pada umumnya.

“Dalam kegiatan ini kami berbagi ilmu sekaligus mengimplementasikan salah satu ilmu pertanian yang kami pejalari di kampus selama ini. Selain menyampaikan beberapa hal terkait teknik dalam hidproponik, kami langsung melakukan praktik bertanam dengan media tanam hidroponik,” terang Putri, mahasiswa agroteknologi selaku salah seorang penanggungjawab program, Selasa (07/08/2018).

Sebelumnya, tambah Putri, mereka sudah melakukan sosialisasi tentang teknik hidroponik di tempat yang sama, Jumat (03/08), yang diakhiri dengan serah terima beberapa unit box Styrofoam media tanam elektronik oleh pihak KKN XIII UBB 2018 Desa Pasirputih kepada pihak SMPN 2 Tukak Sadai.

SMPN ini merupakan salah satu sekolah yang senantiasa berprogres sebagai sekolah Adiwiyata yang juga fokus pada pendidikan lingkungan hidup.

“Dengan diadakannya sosialisasi serambi hidroponik ini, kami memiliki harapan yang besar agar hidroponik yang ada di sekolah kami dapat dijadikan penunjang dalam penilaian salah satu sekolah Adiwiyata,” kata Safari selaku Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Tukak Sadai.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com