• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kemendikbud : Pendidikan Karakter Bangsa Sejak Dini Sangat Penting

Rabu, 08 Agustus 2018 | 11:01 WIB
Para Kepsek yang ikut dalam PPK. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Bimbingan teknis pengimbasan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, se-Kabupaten Bangka, digelar hari ini di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10, Sungailiat.

Adapun Fasilitator Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), Evita.

Ia mengatakan, kegiatan sendiri dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada para pendidik untuk menumbuhkan karakter kepada siswa/i nantinya, ketika mereka kembali ke lingkungan sekolah masing-masing. 

Kegiatan juga dimaksudkan sebagai langkah pengimbasan dari program Pemerintah RI yakni PPK tersebut, melalui bimbingan secara langsung untuk para guru bagaimana cara pendekatan terhadap siswa dan juga para orang tua.

''Orang tua disini, kita ingin mereka ikut membantu para guru, ketika para siswa pulang sekolah. Jadi mereka orang tua juga tetap memberikan pendidikan karakter, walaupun tak seformal di sekolah,''jelasnya, Rabu (8/8/2018).

Pemerintah juga ingin, pendidikan karakter yang ditanam di sekolah, dapat berlanjut ke rumah ketika para siswa pulang sekolah, sehingga para guru dan orang tua diharapkan saling bersinergi dalam memberikan pemahaman PPK ini. 

Salah satu yang mencirikan dan membuat suatu negara itu maju, dikatakan Evita, yaitu bangsa yang mempunyai karakter. Selain itu, salah satu yang menunjukan suatu negara yang berkualitas adalah, bangsa tersebut mempunyai karakter.

''Jadi memang perlu karakter itu dibelajarkan, karena tidak mungkin karakter tersebut berkembang dengan tidak dibelajarkan. Hari ini, lewat pembekalan serta bimtek ini lah, kami harapkan para guru dapat mengerti pentingnya menanamkan karakter siswa dari sejak dini,''harapnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com