Klikbabel.com


Lapor Pak Bupati! Kabupaten Babar Tertinggi Kasus Gizi Kronis

Selasa, 07 Agustus 2018 | 19:51 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Muntok - Kabupaten Bangka Barat (Babar) ternyata memiliki kasus stunting tertinggi di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Selain Babar, ada juga Kabupaten Bangka induk.

"Ada dua kabupaten yang mempunyai kasus stunting tertinggi di Babel," kata Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Selasa (7/8/2018).

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Wagub menjelaskan, status gizi prevalensi stunting di Provinsi Bangka Belitung cenderung meningkat. Dimana tahun 2017 sebesar 27,3%. "Kemudian hasil riset dasar prevalensi stunting Kepulauan Bangka Belitung, ini adalah yang tertinggi kalau saya boleh mengatakannya adalah di Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka," sambungnya.

Dikatakan Fatah, untuk itu pada rakor teknis ini akan diurai apa persoalan, apa masalah dan kemudian akan di buat satu komitmen bagaimana menjaganya. "Mungkin ini karena dipengaruhi asupan gizi yang kurang menunjang dan pola asuh yang kurang tepat, dan pelayan kesehatan di lingkungan yang tidak optimal," katanya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com