Klikbabel.com


Banyak Ayam Sakit Penyebab Harga Telur Naik

Senin, 06 Agustus 2018 | 16:11 WIB
Telur ayam yang akan di suplai ke pasar. (Foto : net)

Klikbabel.com,Koba - Naiknya harga telur ayam ternyata diakibatkan karena peternak mengalami penurunan. Disinyalir penurunan produksi karena banyaknya ayam di Sumatera dan Jawa terserang penyakit.

Ujang, salah satu agen telur penyuplai di area Bateng mengatakan mengatakan, produksi telur ayam menurun dari 5 hingga 20%. Selain itu mengenai tekanan dari Pemerintah untuk menurunkan harga telur ayam, Ujang menjelaskan pihaknya hanya bisa mengimbangi harga peternak dan harga pasaran di Jakarta.

Ia mengungkapkan jika dari peternak dan agen sudah ada penurunan harga. Namun, beda cerita harga telur sudah masuk ke beberapa jaringan pedagang. Dirinya pun mengaku bahwa terkadang ia melihat ada beberapa oknum yang memanfaatkan situasi ini (Kenaikan harga,red).

"Kemarin sempat turun walau tidak normal sekitar 1500 Rupiah per butir, namun kami tidak bisa memprediksi bakal turun lagi atau tidak. Melihat situasi sekarang rasanya sulit," kata Ujang.

Ia menambahkan, sebulan pasca lebaran harga telur diperkirakan akan kembali normal. "Mungkin bisa jadi awal September ada perbaikan karena ayam yang muda sudah tumbuh," papar dia. 



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com