Klikbabel.com


70 Ha Lahan di Bangka Terbakar

Senin, 06 Agustus 2018 | 15:44 WIB
Kabid Penanggulangan Bencana Satpol PP Bangka, Achmad Fauzi

Klikbabel.com, Sungailiat - Sebanyak 70 hektare lahan di Bangka terbakar pada Juli 2018. Hal tersebut memberikan gambaran terlihat cukup tingginya kasus pembakaran lahan di Kabupaten Bangka. Kabid Penanggulangan Bencana Satpol PP Bangka, Achmad Fauzi mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan tingginya kasus kebakaran yang terjadi, seperti kesengajaan oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Ia melanjutkan, selain itu terdapat juga hal sepele yang dapat berdampak besar menjadi penyebab kebakaran hutan, seperti membuang puntung rokok sembarangan. "Dari data yang ada, kebakaran di Kabupaten Bangka sudah merambah di 70 hektar luas lahan hutan dan lahan gambut di sini,"jelasnya, ketika dihubungi klikbabel.com, Senin (6/8/2018).

70 hektar lahan yang terbakar tersebut, terjadi di 13 titik wilayah dan dari data yang ada juga, kebakaran banyak terjadi dilahan kosong dan kering. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan, dikatakan Fauzi, masih sangat kurang sehingga masih banyak yang membakar hutan. "Ada terjadi pada daerah Bukit Siam dan Jalan Lintas Timur. Tempat itu sering terbakar yang diduga sengaja dilakukan oknum tak bertanggungjawab,"ungkapnya.  

Sementara itu, dengan kemampuan pihak Satpol PP kabupaten Bangka saat ini yang hanya memiliki sarana mobil pemadam kebakaran 3 unit terdiri dari 2 mobil pemadam dan 1 unit mobil penyuplai air, dengan petugas berjumlah 22 orang, dianggap belum maksimal untuk menangani kebakaran. ''Kita berharap kedepannya pemerintah daerah dapat menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menghadapi bencana kebakaran ini,''tutupnya.

 

 

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com