• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Basarnas Pangkalpinang Seleksi Anggota Rescuer Terbaik

Minggu, 05 Agustus 2018 | 13:38 WIB
Seleksi oleh Basarnas Pangkalpinang. Foto : Adit/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang (Basarnas) Pangkalpinang mengadakan seleksi anggota rescuer, Minggu (5/8/2018).

Hal ini dalam rangka mempersiapkan personil rescuer terlatih dan berkemampuan diatas rata - rata. Selain itu, seleksi ini dalam rangka mengikuti pendidikan dan pelatihan Basarnas spesial grup III yang di adakan di kantor Pusat Basarnas.

"Ini merupakan program rutin Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk mendapatkan rescuer - rescuer terbaik dan membentukan tim khusus dan terlatih dalam operasi pencarian dan pertolongan (SAR)," kata Kepala Basarnas Pangkalpinang Danang Priandoko , S.Sos., M.M.

"Kegiatan ini akan kita laksanakan selama 3 hari , dan tahapan tahapannya yaitu tes administrasi, lalu kesamaptaan A dan B di lanjutkan Kesehatan. Apabila rescuer ini lulus dalam tes tersebut maka akan kita kirimkan ke pusat, namun di pusat masih diseleksi lagi dan diambil hanya beberapa orang saja untuk mengikuti Diklat Basarnas Spesial Grup," sambungnya.

Danang sangat berharap kontingennya yang dikirimkan nanti dapat lulus pada seleksi yang diadakan di kantor pusat Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan , dan dapat menjadi kebanggan kami yang di daerah.

"Diklat Basarnas Spesial Grup itu sendiri merupakan pendidikan dan pelatihan yang sangat bergengsi karena didalam diklat ini semua diklat yang ada di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan disatukan antara lain Medical first Responder, Jungle Rescue Technique, High Angle Rescue Technique, Water Rescue, Helly Rescue, Collapsed Structure Search And Rescue (CSSR), Confined Space Rescue, Vehicle Accident Rescue dll. Selanjutnya pada pendidikan dan pelatihan ini diakhiri dengan pendidikan para atau penerjun, ini merupakan diklat paling lama dan membutuhkan stamina yang prima maka dari itu dibutuhkan rescuer yang memenuhi standart tersebut," tutupnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com