• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Lada di Negara Luar Naik, di Bangka Menurun Tipis

Sabtu, 04 Agustus 2018 | 09:52 WIB
Ilustrasi kebun lada. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - International Pepper Community (IPC) kembali merilis kondisi lada dunia. Berdasarkan rilis yang diterima klikbabel.com, Sabtu (4/8/2018), terjadi perbedaan kondisi antara harga lada di Indonesia dan di negara luar seperti Sri Lanka dan India.

Klik juga : Penundaan Imunisasi MR Tanda Tak Profesional

"Harga pasar bervariasi selama seminggu terakhir. Harga lada di Sri Lanka dan India meningkat, sementara di Vietnam relatif stabil, kecuali lada hitam di pasar lokal yang menurun sedikit," tulis IPC dalam laporannya.

Di Lampung, masih sedikit bisa bernafas lega setelah mengalami kenaikan harga pada lada hitam. Sementara, lada putih di Bangka, berdasarkan rilis IPC sedikit mengalami penurunan yakni berkisar diangka Rp52 ribu per kilogram. Level harga ini disinyalir tidak akan mengalami perubahan signifikan dengan waktu panen di Bangka yang hampir selesai.

"Di Lampung dan harga Bangka menurun mengikuti bahan dari panen saat ini telah tiba di pasar. Panen puncak di Bangka hampir selesai, sementara di Lampung sedang tren naik. Tahun ini, panen di Lampung akan berlangsung lebih lama hingga September dengan kuantitas lebih kecil," sebutnya.

Akan tetapi, secara keseluruhan kembali dikatakan IPC, panen lada di Bangka dalam hal total produksi masih sama dari tahun lalu. "Total produksi lada putih di Bangka dan Belitung diperkirakan kurang lebih sama dengan tahun lalu dengan peningkatan marjinal yang dilaporkan saat ini," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / IPC