Klikbabel.com


Dinkes Bangka Pastikan Vaksin MR Tak Mengandung Babi

Sabtu, 04 Agustus 2018 | 12:52 WIB
Kadinkes Bangka Dr. The Suyanti. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Penundaan imunisasi vaksin MR karena belum memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), juga terjadi di Kabupaten Bangka.

Hal tersebut disampaikan oleh dr Then Suyanti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Sabtu (4/8/2018). Ia mengatakan, penundaan penggunaan suntik vaksin MR juga berdasarkan surat edaran dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka belitung (Babel).

"Sudah ada surat dari Dinkes Provinsi untuk menunda suntik vaksin MR tersebut,"jelasnya. Ia melanjutkan, walaupun belum adanya sertifikat halal MUI, menurutnya manfaat suntik vaksin MR sendiri sangat banyak, seperti salah satunya mencegah tubuh dari terjangkitnya penyakit.

Vaksin MR ini juga, dikatakan Then, pernah beberapa kali dilakukan test dan hasilnya mengatakan, kandungan DNA babi serta bahan berbahaya bagi tubuh lainnya pun tidak terdapat di dalam vaksin tersebut.

"Beberapa kali test kita tahu memang tidak mengandung itu, cuma permasalahannya belum mendapatkan sertifikat halal MUI. Kita ingin semuanya eliminasi dari campak dan rubela,''ucapnya.

Pihaknya juga sebelumnya sudah menyiapkan sekitar 50 ribuan vaksin untuk wilayah Kabupaten Bangka, dan akan menggelar rapat prihal pelaksanaan suntik vaksin, sambil menunggu petunjuk dari pusat kedepannya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com