• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Teleskop Radio Temukan Sinyal Misterius dari Luar Angkasa

Jumat, 03 Agustus 2018 | 13:21 WIB
Ilustrasi Alien. Foto : net

Klikbabel.com - Teleskop radio Kanada baru-baru ini menangkap sinyal misterius dari luar angkasa. Sebuah sinyal yang biasa dikenal dengan nama Fast Radio Bursts (FRB).

The Canadian Hydrogen Intensity Mapping Experiment (CHIME) di British Columbia mendeteksi FRB pertama kali pada frekuensi 700 MHz pada tanggal 25 Juli. Sinyal FRB itu diberi nama dengan kode FRB 180725A.

Dilansir Hitekno.com, FRB adalah sebuah semburan emisi radio berbentuk gelombang panjang yang berlangsung beberapa milidetik. Dalam ilmu astronomi, sinyal itu merupakan sebuah fenomena astrofisika berenergi tinggi berasal dari sumber yang tidak diketahui.

Klik Juga : Terungkap : Kendaraan Pertama Presiden Joko Widodo

FRB pertama kali ditemukan oleh Duncan Lorimer dan muridnya David Narkevic pada tahun 2007 lalu. Ketika FRB terpolarisasi, ini menunjukkan FRB terpancar dari medan magnet yang sangat kuat.

FRB adalah salah satu misteri kosmik yang sulit dipecahkan. Penjelasan yang mungkin bisa dijelaskan oleh para ilmuwan adalah sinyal ini berasal dari tiga hal.


CHIME di Kanada. (Andre Renick)


Sumbernya bisa berasal dari hasil gelombang ledakan lubang hitam, semburan medan magnet tingkat tinggi, dan peradaban alien maju yang mencoba berkomunikasi dengan kita.

CHIME telah beroperasi kurang dari satu tahun dan dirancang untuk mengumpulkan data tentang FRB dan pertanyaan lain yang belum terjawab dalam astrofisika.

Pengumuman juga mencatat bahwa FRB lain telah ditemukan dalam seminggu terakhir. FRB itu berada pada frekuensi rendah 400 MHz dan indikasi awal menunjukkan sinyal-sinyal itu tidak berasal dari Bumi.

Klik Juga : IDI Nilai Aturan BPJS Kesehatan Rugikan Masyarakat

Ini merupakan langkah awal dan studi baru untuk CHIME. Observatorium di Kanada dan observatorium lainnya akan terus siaga menangkap gelombang dari langit untuk petunjuk lebih lanjut.

Untuk membantu memecahkan sinyal misterius yang diduga dari alien tersebut para ilmuwan akan terus menganalisis data-data yang ada

 



Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : hitekno.com