Klikbabel.com


Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Bateng Data Ketersediaan Hewan Kurban

Kamis, 02 Agustus 2018 | 11:42 WIB
Sunaryo, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Dinas Pertanian Bangka Tengah (Bateng) telah mengirim tim untuk mendata ketersediaan ternak sapi maupun kambing di kabupaten Bateng menjelang lebaran kurban Idul Adha. 

Saat ditemui di kantornya, Sunaryo, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan, pihaknya telah membentuk tim di lapangan untuk mendata kesediaan hewan kurban untuk mengetahui ketersediaan daging lebaran nanti. 

"Sekarang masih tahap perhitungan dari tim yang di lapangan. Setelah data kita dapatkan, selanjutnya kita kirim tim pengawasan kesehatan hewan kurban akan dimulai seminggu sebelum lebaran yakni 13-14 Agustus," ujarnya, Kamis (8/2/2018).

"Kita berharap agar lebaran Idul Adha tahun ini semua hewan ternak sehat dan layak konsumsi, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan daging kurban tanpa adanya rasa was-was," tutupnya

Dokter hewan Dinas Pertanian Bateng, Rahmawati mengatakan tim pengawas hewan kurban ini akan melakukan pengawasan selama 2 tahap, yakni sebelum pemotongan dan setelah pemotongan. Pelaksanaan pengawasan dilaksakan dari 13 Agustus sampai setelah pelaksanaan pemotongan hari H. 

"Tahap pertama tim melakuan cek kesehatan untuk sapi layak potong, nah untuh tahap kedua setelah pemotongan tim memonitor apakah terdapat zat parasit didalam daging sehingga layak tidaknya di konsumsi," jelas Rahmawati.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com