Klikbabel.com


DPRD Setujui Perda Pelaksanaan APBD Walikota 2017

Kamis, 02 Agustus 2018 | 10:58 WIB
Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang. Foto : Adit/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Kota Pangkalpinang menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pangkalpinang tahun anggaran 2017 untuk bisa ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

 

Persetujuan tersebut disampaikan Rabu (1/8/2018) dalam rapat paripurna DPRD Kota Pangkalpinang ke dua puluh tujuh masa persidangan III tahun 2018 yang bertempat di ruangan rapat paripurna, DPRD Kota Pangkalpinang.

Plt Walikota Pangkalpinang, M Sopian mengatakan, bersamaan dengan Raperda yang disampaikan tersebut, disertakan juga Laporan Rencana Anggaran (LRA), neraca, laporan arus kas, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan SAL, serta catatan atas laporan keuangan atas pelaksanaan APBD tahun 2017.

"Laporan keuangan ini telah beberapa kali diperiksa oleh BPK RI, hal ini dilakukan untuk menyakini angka-angka yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut, serta bukti-bukti pendukung lainnya," ujarnya.

Lanjutnya, untuk pertama kalinya hasil laporan keuangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang ini akhirnya diganjar dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). "Sejak 14 tahun yang lalu inilah raihan tertinggi Kota Pangkalpinang mendapatkan WTP dan ini semua berkat kerja keras kita semua, untuk itu saya ingin menyampaikan rasa terima kasih sekali atas seluruh dukungan dan kerja keras kita sehingga Kota Pangkalpinang dapat menyelesaikan laporan keuangannya dan mendapatkan hasil maksimal yaitu WTP," sebutnya.

Dengan disetujui Raperda ini menjadi Perda katanya, selanjutnya akan dievaluasi lagi oleh Gubernur Babel sesuai dengan amanat Permendagri no 13 tahun 2006. "Pada laporan keuangan ini dapat saya jelaskan, untuk LRA yaitu untuk Pendapatan sebesar Rp 868.376.081 sedangkan untuk Belanja sebesar Rp816.819.709. untuk Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp150.671.388.815. untuk alur kas sebesar Rp99.155.098.292. Sekali lagi saya atas nama pribadi maupun atas nama pemerintah sangat mengucapkan terima kasih atas telah disetujuinya Raperda ini untuk menjadi Perda Kota Pangkalpinang," ucapnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com