• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinas Pertanian Bateng Berikan Pengetahuan Cara Pemotongan Hewan Kurban

Kamis, 02 Agustus 2018 | 15:28 WIB
Proses penyembelihan hewan kurban. (Foto : net)

Klikbabel.com,Koba - Menghadapi lebaran Idul Adha 2018, Dinas Pertanian Bangka Tengah (Bateng) akan melakukan pelatihan pemotongan hewan kurban. Pelatihan ini diberikan untuk memberikan pemahaman terkait teknis pemotongan maupun memilih hewan kurban yang layak dan sehat kepada para juru potong dari para pengurus masjid-mesjid di Bateng.

Sunaryo, Kabid Peternakan Dinas pertanian Bateng mengatakan, untuk pelatihan ini nantinya kami mengundang Departemen Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat untuk memberikan edukasi pemahaman pemotongan secara syar'i. 

"Jadi kami akan mengundang perwakilan pengurus mesjid di Bangka Tengah untuk diberi pelatihan teknis pemotongan hewan yang benar secata syar'i, serta pemilihan hewan kurban yang sehat layak potong dan konsumsi," sebutnya saat ditemui di kantornya, kamis (2/8/2018).

Alasan adanya pelatihan ini pun, kata Sunaryo, sebab Dinas Pertanian Bateng kekurangan tim untuk pengawasan hewan kurban karena banyaknya spot pemotongan hewan kurban yang ada di Bateng.

Sementara itu, Sunaryo mengakui pelatihan ini terjalin atas kerja sama Depag dan MUI Bateng. Terutama bersama MUI untuk pelatihan pengecekan kehalalan dari daging kurban dan proses pemotongan.

"Saya berharap pengetahuan soal bagaimana handling hewan kurban, cara memotong secara halal, memisahkan dan membuang darahnya, hingga membagikan dagingnya, telah dikupas secara tuntas dalam pelatihan dan bisa langsung diterapkan nanti saat hari H," pungkasnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com