• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinkes Babel Terbitkan Surat Penundaan Imunisasi MR

Rabu, 01 Agustus 2018 | 17:04 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel Mulyono Susanto. Foto : klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel) meminta kepada seluruh dinas kesehatan di kabupaten/kota untuk menunda pemberian imunisasi Measles Rubella (MR). Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel Mulyono Susanto melalui surat edaran bernomor 440/1745/Dinkes/2018 perihal penundaan sementara imunisasi MR.

Klik Juga : Vaksin MR Belum Bersertifikasi Halal

Dalam surat tersebut meminta seluruh kepala dinas kesehatan kabupaten/kota se Provinsi Babel untuk menunda sementara dan menjadwalkan kembali pelaksanaan kegiatan imunisasi MR sampai ada kejelasan dari Kementerain Kesehatan dan MUI. Informasi ini menurut Dinkes Babel, harus diteruskan ke puskesmas.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel meminta pemerintah provinsi menunda pelaksanaan imunisasi MR. Pasalnya, vaksin yang digunakan belum bersertifikasi halal. Sekretaris Umum MUI Babel, Ahmad Lutfi menjelaskan, hingga saat ini MUI belum mengeluarkan sertifikasi halal untuk vaksin MR.

"Berbeda dengan vaksin campak yang sudah bersertifikasi halal," kata dia, Rabu (1/8/2018). Ia mengatakan, MUI pusat sudah menyurati Kementrian Kesehatan RI pada Juli 2017 dan berlanjut hingga Juli 2018, namun belum ada jawaban dari Kemenkes RI. Dalam surat tersebut MUI meminta  Kementerian Kesehatan RI untuk tunduk dan patuh terhadap ketentuan Perundang-undangan khususnya Undang-undang Nomor 3 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com