Klikbabel.com


Temui Sekda Babar, 5 Mahasiswa KKN UBB Sampaikan Hal Ini

Selasa, 31 Juli 2018 | 13:44 WIB
Mahasiswa KKN UBB bersama Sekda Babar. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Lima mahasiswa KKN dari Universitas Bangka Belitung bertemu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Babar Yunan Helmi, Selasa (31/7/2018). Alfin Tandika sebagai ketua didampingi oleh Nurhayati, Rozi Andica, Ardian dan Kurnia Sandi merupakan mahasiswa dari UBB dari Fakultas Teknik dan Ekonomi. Mahasiswa tersebut akan melakukan KKN di Kelurahan Tanjung Muntok pada 12 Juli sampai 20 Agustus 2018.

Klik Juga : Wabup Belitung Mengundurkan Diri

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang sekda, para mahasiswa memaparkan berbagai program kerja dan kendala yang dihadapi setelah mereka terjun langsung ke masyarakat. Mahasiswa tersebut mempunyai berbagai program kegiatan diantaranya sosialisasi kesehatan remaja, revitalisasi perpustakaan desa, sosialisasi buta aksara, revitalisasi pantai, pembuatan papan kios pesisir pantai, pembuatan tugu sentra kuliner, sosialisasi pelatihan UMKM, pengaplikasian system manajemen desa dan pelatihan pengelolaan keuangan desa.

"Kami bekerjasama dengan TK dan PAUD untuk membuat perpustakaan desa yang berlokasi di TPA Harapan Bunda Tanjung. Tempatnya sudah kami cat dengan seni mural, raknya sudah dibuat, tinggal alas karpet dan kendala buku baru 150 buku, masih perlu tambahan lagi," Kata Ardian.

Menanggapi itu, Sekda Babar Yunan Helmi mengatakan, dirinya sangat mendukung program-program yang dipaparkan oleh mahasiswa KKN UBB. Walaupun ada beberapa permasalahan dan kendala mahasiswa saat melaksanakan programnya,Yunan langsung memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi mahasiswa.

Sekda langsung menunjuk Kepala Bagian Perekonomian, Fachriansyah untuk mendampingi mahasiswa koordinasi di Dinas Perpustakaan Daerah dan memfasilitasi ke Provinsi Bangka Belitung untuk menambah koleksi buku di perpustakaan desa yang dibentuk. "Segera dibantu keperluan mahasiswa ini. Alas karpet nanti diusahakan. Buku bisa dibantu dari Dinas Perpustakaan kita," terang Yunan.

Yunan juga berjanji dirinya akan membuat jadwal untuk melaksanakan peresmian perpustakaan desa Tanjung walaupun ditengah padatnya jadwal kegiatan. "InsyaAllah bisa dijadwalkan, peresmiannya tidak perlu yang mewah, yang terpenting perpustakaan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan terus berkelanjutan," pungkasnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com