Klikbabel.com


Kemarau, Jadi Anugerah Para Petani Sayur di Bangka

Senin, 30 Juli 2018 | 13:33 WIB
Lapak sayur Miki, salah satu pedagang. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Musim kemarau ternyata membawa kebahagiaan tersendiri bagi para petani sayur. Hal ini lantaran, para petani bisa mengatur kadar air untuk sayuran yang ditanam. Salah satu pedagang sayur Miki menjelaskan, kadang musim panas selalu ditunggu para petani, dibandingkan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan tanaman akan kelebihan air ketika musim penghujan. Sehingga membuat hasil panen busuk.

Klik Juga : Nasib Pilu Petani Sawit Bangka

''Kalau petani pasti maunya panas, karena kadar air bisa mereka atur. Kalau hujan itu banyak yang gagal panen ataupun banyak busuk,'' jelasnya, Senin (30/7/2018). Ia melanjutkan, untuk harga sayur yang dijual juga terdapat fluktuasi harga di beberapa jenis sayur. Seperti sayuran jenis bayam yang pada beberapa waktu lalu berada dikisaran Rp. 20.000,- per kilogram saat ini hanya Rp. 6000,- per kg.

''Bayam kemarin selangit, banyak ibu-ibu juga yang terkejut. Sekarang sudah 6 ribu, mungkin stoknya sudah banyak,'' ungkapnya. Miki memperkirakan, harga tersebut juga akan terus stabil dalam beberapa hari kedepan, mengingat musim kemarau sudah melanda beberapa daerah di Provinsi Bangkabelitung.

Berikut harga beberapa jenis sayur yang ada di beberapa pasar tradisional Kabupaten Bangka :

- Sawi Pahit Rp. 8.000,- per kg
- Sawi Manis Rp. 10.000,- per kg
- Kangkung Rp. 8.000,- per kg
- Kacang Panjang Rp. 10.000,- per kg.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com