• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dua Mahasiswa STISIPOL P12 Bangka Selamat Usai Daki Gunung Rinjani

Senin, 30 Juli 2018 | 14:16 WIB
Dua mahasiswa STISIPOL P12 Sungailiat yang berhasil mendaki Gunung Rinjani. Foto : Dok Pribadi for Klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Dua mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailat dinyatakan selamat usai gempa 6,4 SR yang melanda kawasan Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedua mahasiswa itu yakni Sholihin dan Rinda Oktari. Sebelumnya, kedua mahasiswa ini sempat berhasil mendaki puncak Gunung Rinjani.

Dihubungi klikbabel.com, Senin (30/7/2018), mahasiswa pecinta alam ini mengaku merasakan gempa yang melanda NTB. Ia menceritakan, kronologi gempa yang dirasakan bersama pendaki lainnya saat berada di kawasan Rinjani. Dalam regu pendaki mereka dikatakannya, berjumlah 5 orang. Dua diantaranya yakni berasal dari Mapala Stisipol P12 Sungailiat. "Sisanya berasal dari luar daerah. Yakni Sulawesi, Pekanbaru, serta Lombok," kata dia.

Sholihin menambahkan, pada pukul 9 pagi ia bersama pendaki lainnya sudah sampai ke puncak Rinjani. "Sedangkan kejadiannya terjadi pas kita udah sampai bawah,'' jelasnya. Ia menuturkan, untuk mendaki Gunung Rinjani harus dipersiapkan matang-matang karena membutuhkan tenaga dan fisik yang kuat agar bisa sampai ke puncak. Apalagi, lintasan untuk menuju puncak sangat terjal dan penuh dengan pasir campur batu krikil.

“Persiapan fisik, logistik itu sangat penting. Alhamdulillah kita sampai dengan selamat walaupun banyak rintangan dan medan yang berat kita bisa melaluinya, dan disinilah kami merasakan persahabatan yang sejati. Pendakian kali ini banyak ilmu yang kami serap terutama tentang bagaimana memanajemen makanan,” kata dia.

Pendaki perempuan Rinda Oktari mengungkapkan, keberhasilan sesungguhnya adalah dalam keadaan selamat pada saat di puncak dan turun gunung. "Sampai puncak memang keinginan tapi pulang dengan selamat adalah sesungguhnya keberhasilannya tujuan. Dan semua itu membutuh niat, tekad dan usaha yang kuat walaupun adanya gempa dilakukan perlahan-lahan tapi jangan pernah menyerah pada keadaan," ujarnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com