• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Majukan Pariwisata, Beltim Bentuk EBAcom

Rabu, 25 Juli 2018 | 12:08 WIB
Peluncuran EBAcom. Foto : Ist

Klikbabel.com, Manggar - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) membentuk East Belitung Ambassador Community atau yang biasa disingkat EBAcom. Peluncuran EBAcom ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati Belitung Timur tentang Pembentukan EBAcom, oleh  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Beltim Evi Nardi kepada Diki Purnama Saputra Ketua EBAcom, saat kegiatan Seleksi Pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Belitung Timur 2018, di Pendopo Seni Disbudpar Beltim, Selasa malam (23/7/2018) lalu.

Peranciscus Aryanto, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan sekaligus penggagas EBAcom mengatakan bahwa sumber daya pariwisata membutuhkan suatu wadah atau komunitas dalam rangka merealisasikan tugas-tugasnya sebagai duta wisata daerah. “Selama ini alumni Bujang Dayang kita belum memiliki wadah untuk berhimpun sesama alumni, saling berkomunikasi dan bertukar pikiran, hingga menjalankan tugas atau kegiatan kepariwisataan baik bersama pemerintah atau pun swasta,” kata Peranciscus.

Menurut Peranciscus, para alumni Bujang Dayang dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan kepariwisataan atau berkontribusi dalam bidang pariwisata. “Sebenarnya ada banyak tugas kepariwisataan yang bisa dilakukan para alumni Bujang Dayang. Tinggal dibimbing atau dibina nantinya. Jangan sampai mereka hanya ditugaskan untuk menerima tamu saja. Padahal untuk ikut ajang Pemilihan Bujang Dayang itu sendiri, tidak lah mudah. Untuk itu, sangat disayangkan kalau hanya untuk menerima tamu,” tambah Peranciscus.

 EBAcom bertujuan untuk memajukan pariwisata Belitung Timur menjadi lebih baik. Sebagai salah satu sumber daya pariwisata lokal, Bujang dayang memiliki tugas mengedukasi dan mempromosikan pariwisata kepada masyarakat dan wisatawan. “Bujang Dayang merupakan duta wisata daerah yang memiliki peran baik di dalam maupun di luar lingkungan tempat tinggalnya. Sebagai anggota EBAcom, mereka juga berperan sebagai tenaga suka rela yang melakukan kegiatan edukasi dan bimbingan pariwisata,” katanya.

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com