• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Gelar Paripurna Rekomendasi DPRD Atas LHP-BPK dan Penyampaian Keputusan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2017

Selasa, 24 Juli 2018 | 09:20 WIB
Penyerahan hasil rekomendasi DPRD Babel. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna dalam rangka rekomendasi DPRD atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHP-BPK) dan penyampaian keputusan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2017, Senin (23/7/2018), di ruang paripurna DPRD Babel.

Dalam paripurna, semua fraksi di DPRD Babel menyatakan menyetujui dan menerima laporan tersebut. Tak hanya menerima, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Didit Srigusjaya itu, fraksi - fraksi di DPRD Babel juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel yang telah mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang telah diberikan BPK atas LHP tahun 2017.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya yang menjadi pimpinan sidang menyampaikan, penyampaian rekomendasi DPRD atas laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemprov Babel tahun anggaran 2017. “Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemprov. Babel tahun 2017 telah disampaikan dalam rapat paripurna istimewa pada tanggal 31 Mei 2018 yang lalu. DPRD kemudian menindaklanjutinya dengan membentuk panitia kerja guna membahas temuan-temuan hasil pemeriksaan sehingga dapat diberikan rekomendasi DPRD atas laporan hasil pemeriksaan BPK,” kata Didit mengawali sidang paripurna.

“Hal ini merupakan amanat undang-undang nomor 15 tahun 2004 pasal 21 ayat (1) yang mengatakan bahwa lembaga perwakilan menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK dengan pembahasan sesuai dengan kewenanganannya,” tuturnya. Selanjutnya, penyampaian RKUA PPAS tahun anggaran 2019, merupakan salah satu tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah sesuai amanat peraturan dan perundangan. “Keduanya saling terkait, bisa dibedakan tapi tidak bisa dipisahkan. Kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran sementara merupakan pedoman dalam penyusunan apbd berdasarkan hasil rencana kerja prioritas daerah (RKPD) dari hasil musrenbang,” lanjut Didit.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyampaikan terima kasih kepada semua fraksi dan DPRD yang telah menyetujui dan menerima LHP dan Pelaksanaan Pertanggungjawaban APBD 2017. “Selain itu, saya sampaikan juga, atas seluruh masukan dan kritik yang diberikan dalam penyusunan laporan untuk tahun mendatang, khususnya beberapa masukkan yang diberikan kepada beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemprov Babel,” ungkap gubernur.

Terhadap kekurangan dan kelemahan yang bersifat teknis, yang menjadi catatan dari setiap fraksi, ditegaskan Gubernur, akan menjadi masukan, sehingga pelaksanaan laporan untuk tahun-tahun berikutnya akan lebih baik lagi. Tampak hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Babel, unsur Forkopimda Babel, Sekda Babel Yan Megawandi, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemprov Babel.(adv)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

loading...
loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com