• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


IPC Farmers App diluncurkan, Ternyata Ini Kelebihannya Untuk Para Petani Lada

Kamis, 19 Juli 2018 | 16:12 WIB
Direktur Eksekutif IPC, Hoang Thi Lien saat memberikan cindera mata kepada Wagub Babel pada saat acara launching IPC Farmers App (yodea/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Aplikasi dari International Pepper Community (IPC) yang bernama IPC Farmers App ini resmi diluncurkan di Ruang Pantai Pasir Padi Lantai Dua di Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis (19/7/2018).

Peluncuran aplikasi tersebut turut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Provinsi Babel, Abdul Fatah,  Direktur dari APEC dan Negosiasi Organisasi Internasional lainnya mewakili Kantor Perwakilan Republik Indonesia ke IPC, Deny W. Kurnia. Asisten Deputi Perkebunan Holtikultura Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Wilistra Dani, Perwakilan dari Dinas Perkebunan Provinsi Babel, perwakilan dari Ballitro,  PT. Aman Jaya Perdana  dan Verstegen serta para petani Babel.

Adapun dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif IPC, Hoang Thi Lien memaparkan beberapa kelebihan dari aplikasi itu. Satu diantaranya yakni membantu para petani dalam mengenali hama dan penyakit yang menjangkit tanaman mereka dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menanggulanginya. 

"Segala perubahan dalam anjuran atau teknologi diperbarui dalam waktu sebenarnya langsung ke mobile phone petani. Petani dapat menerapkan praktik terbaik untuk ladang mereka dengan bantuan aplikasi ini.  Aplikasi ini juga akan memungkinkan petani untuk berkonsultasi dengan ahli lada dari lembaga terkait di negaranya," jelas dia. 

Dilanjutkan olehnya, para petani juga dapat memantau berita terbaru dalam pasar melalui aplikasi tersebut. Sehingga petani dapat melihat tren harga lada pasaran di seluruh dunia secara jangka panjang. 

"Dengan begitu petani dapat mengambil keputusan yang tepat dalam perluasan lahan penanaman atau menahan penjualan sampai harga yang lebih baik. Aplikasi ini juga memberikan kekuatan informasi kepada para petani lada," lanjut Hoang Thie Lien. 

Menariknya lagi, Fitur "Market Linkage" dalam aplikasi akan memudahkan petani untuk memasarkan hasil panen mereka dengan mengisi jual yang mereka inginkan ke dalam aplikasi 

"Hara jual yang petani input nantinya akan dapat dilihat oleh ribuan orang di industri lada. Hal ini akan meningkatkan peluang terjualnya lebih cepat dan lebih tinggi harganya," tuturnya. 

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasinya sekaligus ucapan terima kasih kepada instansi pemerintah Provinsi Babel yang telah mendukung dan turut menghadiri acara peluncuran IPC Farmers App itu. 

"Saya berharap peluncuran ini bisa membawa perubahan yang baik dan berguna untuk masa depan industri lada," harap wanita asal Negara Vietnam itu. 

Loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com