• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disperindag : Kenaikan Harga Telur Tidak Hanya Di Babel Saja

Rabu, 18 Juli 2018 | 15:44 WIB
Kabid Pengembangan Perdagangan Disperindag Babel, Mashun (Yodea/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Harga telur ayam disejumlah pasar mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satunya di sejumlah pasar di Kota Pangkalpinang yang mencapai Rp1.700 per butir. Padahal, sebelum Lebaran Idhul Fitri harga telur hanya sekitar Rp1.500 per butir. 

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mashun menyebutkan, situasi kenaikan harga telur ayam tidak hanya terjadi di Wilayah Babel saja, namun juga dialami dibeberapa daerah lainnya di Indonesia. 

Menurut Mashun, kenaikan harga telur pada beberapa waktu terakhir ini disebabkan oleh melonjaknya harga pakan ayam petelur serta melemahnya Rupiah terhadap Dolar AS. 

"Naik harga telur bukan hanya di Babel saja. Saya pernah mendengar kata Pak Menteri Perdagangan. Naiknya harga telur karena harga pakan ternak naik karena kita mengirim dari luar negeri. Nilai tukar Rupiah juga melemah terhadap Dolar AS, jadi menyebabkan pakan ayam petelur ikut naik," katanya kepada Klikbabel.com, Rabu (18/7/2018).

Selain itu tambahnya, permintaan masyarakat meningkat terlebihnya saat lebaran karena pelaku usaha kue kering maupun basah membutuhkan telur yang cukup banyak untuk memenuhi per intaan produk mereka.

"Jadi hal tersebut lah yang membuat harga telur ayam naik. Kalau biaya peternak ayam naik terus, tentunya harga telur pun ikut naik.  Ditambah permintaan masyarakat terus meningkat," tuturnya. 

Dengan demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tim Satgas Pangan dengan cara menggelar pasar murah sekaligus mengundang para distributor telur untuk mengantisipasi melonjaknya harga telur saat ini, terlebih lagi menjelang perayaan Idhul Adha.

"Kita sudah usahakan koordinasi dengan tim Satgas Pangan untuk mengatasinya. Kita akan melaksanakan pasar murah dan kita juga akan undang distributor telur untuk ikut pasar murah," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com