• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tim KLH Ambil Sampel Limbah yang Cemari Pantai Bangka

Sabtu, 14 Juli 2018 | 10:08 WIB
Dok Klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Tim Direktorat Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memeriksa limbah hitam yang mencemari pantai Teluk Pikat dan sekitarnya di Kabupaten Bangka. Ketua Tim Pemeriksaan Limbah, Firdaus menjelaskan, pihaknya bergerak atas aduan dari masyarakat yang menyampaikan ada limbah di sekitar perairan Matras termasuk di Teluk Pikat.

Klik Juga : Belitung Akan Punya Lapangan Golf, Dirancang oleh Ahli dari Amerika Serikat

Pihaknya melakukan pengambilan sampel baik limbah padat seperti pasir maupun limbah cair di bibir pantai dan di muara. Sampel-sampel tersebut akan diuji di laboratorium guna mengetahui jenis minyak atau limbah yang mencemari kawasan tersebut. "Sampel kita bawa ke laboratorium khusus untuk mengetahui limbah hitam yang diduga minyak tersebut, apakah dari minyak bekas, pelumas bekas, minyak mentah atau solar," katanya.

Ia mengapresiasi respons cepat pihak terkait di daerah yang dengan cepat melaporkan dan mengamankan sampel pencemaran tersebut, karena jika terlalu lama dapat saja jejak-jejak pencemaran akan hilang. Dijelaskannya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pencemaran limbah B3 dapat dipidana berupa kurungan penjara dan denda baik bagi perorangan maupun badan usaha.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ratno Budi berharap pemeriksaan oleh KLHK secara langsung dapat mengungkap siapa dan dari mana asal limbah yang mencemari pantai tersebut.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com