Klikbabel.com


Soal AKBP Yusuf, Ini Permintaan Kompolnas

Sabtu, 14 Juli 2018 | 11:13 WIB
AKBP Yusuf Saat Menjalani Pemeriksaan di Polda Babel. Foto : Ist

Klikbabel.com, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menuntut kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tindakan pidana berkaitan dengan KUHP dan Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak, juga kekerasan terhadap perempuan, yang dilakukan AKBP Yusuf. Hal tersebut lantaran yang dikakukan AKBP Yusuf termasuk ke tindak pidana khusus.

Klik Juga : Penyebab Harga Turun Versi IPC

"Yang dilakukan AKBP Y adalah pidana khusus karena dilakukan terhadap perempuan dan anak," kata anggota Kompolnas, Andrea H. Poeloengan saat dihubungi, Sabtu (14/7/2018). Pelanggaran yang dilakukan oleh AKBP Yusuf tak perlu menunggu laporan atau aduan dari masyarakat terlebih dahulu, karena itu merupakan tindak pidana khusus. Lalu, dalam video yang tersebar dan menjadi viral itu sudah jelas kalau dia melakukan tindakan kekerasan terhadap bocah.

"Untuk AKBP Y justru yang dikedepankan adalah proses pidananya karena kekerasan terhadap anak tidak perlu menunggu aduan," jelasnya. Apabila aparat Polda Babel tak berani lakukan tindakan tegas kepada aparat polisi perwira menengah tersebut, ia berharap Bareskrim Mabes Polri mengambil alih perkara itu. Sehingga, itu akan menunjukkan sikap ketegasan dari kepolisian yang tak pandang bulu dalam mengusut kasus tidakan pidana yang dialami koleganya. "Kalau canggung sebaiknya ditangani Bareskrim saja," tegasnya.

Menurutnya, bila mereka mendiamkan perkara itu seprti tidak ada kejelasannya, maka mereka terkesan membiarkan kejahatan pidana itu terjadi. Karena sudah jelas penyidikan perkara pidana terhadap AKBP Yusuf tidak boleh berhenti, sebab korbannya adalah anak-anak. "Maka tidak ada boleh berhenti penyidikan pidana terhadap AKBP Y, harus dijalankan, apalagi yang terkait anak," tukasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Okezone.com