• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


OSS Permudah Masyarakat Mendaftar Perizinan

Sabtu, 14 Juli 2018 | 10:40 WIB
Rakor Pimpinan Daerah. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus izin melalui penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri Hamdani pada kegiatan Rakor Pimpinan Daerah se-Provinsi Bangka Belitung terkait Penyelenggaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Soll Marina Hotel.

Klik Juga : Ini Sebab Harga Lada Turun Versi IPC

Hamdani menyatakan masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat, gratis, bermutu, transparan dan sederhana. "Dengan adanya sistem OSS ini lebih mempermudah masyarakat untuk mendaftar perizinan dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), selanjutnya masyarakat memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) yang menjadi identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha. NIB ini wajib dimiliki pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan berusaha," ungkap Hamdani

Lebih lanjut sistem OSS ini merupakan sebuah perubahan besar untuk membuat seluruh perizinan dari pusat hingga ke daerah yang terintegrasi. "Perizinan akan menggunakan model registrasi yang lebih modern, lebih cepat dengan sistem data yang terpadu dan terintegrasi sehingga tidak perlu lagi melewati banyak rantai birokrasi," papar Hamdani.

Sejauh ini yang masih menjadi masalah dalam pembangunan yakni berbelitnya sistem birokrasi, belum mampu memberikan pelayanan prima pada masyarakat dan investor, serta regulasi yang saling tumpang tindih. Selain itu masih munculnya praktek korupsi mengenai penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan negara di berbagai instansi pemerintah.

Hamdani berharap penerapan OSS ini dapat dilakukan segera dan akan diatur dengan Inpres atau Perpres."Penerapan OSS tidak harus menunggu kesiapan semua daerah, dan terakhir pemerintah daerah diminta untuk menerapkan penyelengggaraan perizinan dan non perizinan melalui sistem OSS," jelas Hamdani.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com