Klikbabel.com


Ini Penyebab Turunnya Harga Lada Versi IPC

Sabtu, 14 Juli 2018 | 10:06 WIB
Petani menunjukkan lada yang dipanen. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Penurunan harga lada saat ini tidak hanya dirasakan di Bangka saja. Hal itu terlihat dari harga lada dunia yang terus menurun sejak lebih dari satu dekade silam. Menurut laporan International Pepper Community (IPC), penurunan harga tersebut dianggap memprihatinkan.

Klik juga : Harga Lada Bangka Menyentuh Titik Terendah

"Hari ini masalah yang paling memprihatinkan adalah jatuhnya harga yang drastis, setelah kenaikan harga terus menerus selama dekade terakhir (2006 - 2015). Di New York harga spot lada putih meningkat menjadi US $ 16.500 per Mt dari US $ 3.860 pada awal 2006," tulis IPC diterima klikbabel.com, Sabtu (14/7/2018).

Namun, kenaikan harga tersebut tidak berlangsung lama, sebab penurunan terjadi setelah tidak tahun hingga saat ini. "Kurang dari tiga tahun setelah puncak, harga telah turun secara signifikan lebih dari 50% ke level US $ 6.065 untuk lada putih yang tercatat pada akhir Juni 2018. Harga pada bulan Juni 2018 kurang lebih sama dengan harga yang berlaku pada awal 2010," ungkapnya.

IPC memperkirakan, alasan utama penurunan harga yang cukup signifikan tersebut lantaran adanya peningkatan pasokan dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat ekspansi besar-besaran area lada di hampir semua negara penghasil, khususnya di Vietnam, Brasil, dan Kamboja. "Perluasan wilayah juga terjadi di Indonesia, terutama di daerah non tradisional, seperti di Kalimantan dan Sulawesi," bebernya.

Tidak hanya di Vietnam dan Brazil, budidaya lada juga telah menyebar ke negara-negara tropis lain seperti India, Malaysia, Sri Lanka, Cina, Thailand, Madagaskar dan Ekuador. "Di negara-negara ini, budidaya lada memainkan peran penting dalam ekonomi petani skala kecil di daerah-daerah penghasil lada besar. Di negara-negara ini sekitar 90% produksi lada disumbangkan oleh petani skala kecil," sebutnya.

Alasan tersebutlah menurut IPC menjadi penyebab penurunan harga lada disamping adanya penyebab lainnya seperti faktor cuaca, insiden penyakit, kualitas bahan tanam, harga, dan lain-laoin. "Ada sejumlah tantangan yang dihadapi oleh produsen lada di berbagai daerah," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : IPC