• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Lada Bangka Menyentuh Titik Terendah

Sabtu, 14 Juli 2018 | 09:47 WIB
Petani saat memanen lada. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Harga lada masih menjadi kekhawatiran petani lokal di Indonesia khususnya di Bangka. Berdasarkan laporan International Pepper Community (IPC) harga lada lokal saat ini mencapai VND 92.500 (Mata uang Vietnam) atau sekitar Rp55 ribu per kilogram (Rp0,62 per VND). Harga tersebut pun menurut IPC menjadi harga terendah.

Klik juga : Ini Penyebab Turunnya Harga Lada Versi IPC

"Pasar lada terus melemah pada Juni 2018. Harga lada Bangka mencapai tingkat terendah Rp55.000 per kg untuk lada putih," tulis IPC dalam laporannya yang diterima klikbabel.com, Sabtu (14/7/2018).

Penurunan harga tersebut diperkirakan mencapai angka 3 persen dari harga rata-rata pada Mei 2018. Jika dibandingkan dengan harga rata-rata pada bulan sebelumnya, terjadi penurunan Rp2.500 per kilogram. "Harga lada lokal di HCMC turun menjadi VND 92.500 untuk lada putih dari VND 97.500 per Kg," tulis IPC.

Dalam sesi IPC terakhir, dilaporkan bahwa produksi lada di Indonesia (Lampung dan Bangka) meningkat tahun ini. Namun beberapa sumber melaporkan bahwa peningkatan mungkin tidak setinggi yang diharapkan. "Di Bangka pasar tidak aktif, meskipun panen awal lada telah dimulai," ungkap IPC.

Mengamati situasi di atas, harga lada pada semester kedua 2018 diperkirakan tidak terlalu fluktuatif, karena lada utama dari Vietnam telah dilepas. Pasokan dari Indonesia kemungkinan tidak membuat tekanan yang signifikan di pasar.

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : IPC